PUPR Tegaskan Bangunan Infrastruktur RI Sesuai Standar Kegempaan

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (kiri)
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan, semua infrastuktur yang ada di Indonesia sudah dalam standar tangguh terhadap bencana gempa bumi. 

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Basuki mengatakan, sebelum membangun jembatan, bendungan, bandara, dan gedung-gedung bertingkat, pihaknya mengkaji terlebih dahulu struktur dari wilayah, tanah hingga bangunan sudah memenuhi standar bencana atau tidak.

"Ini sebagai langkah mitigasi, agar infrastruktur di Indonesia dibangun secara lebih aman dan tangguh terhadap bencana. Kita setiap mau bangun jembatan, tol, bandara dan gedung bertingkat itu pasti ada kajian histori gempanya," ucap Basuki di Perpustakaan Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Juli 2019.

PM Kishida Sampaikan ke Prabowo Jepang Akan Berkontribusi di Infrastruktur dan Energi di Indonesia

Selain itu, Basuki mengatakan, semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, standar ketahanan gempa pun mulai diperbaharui.

Karena, menurut ‘Bapak Infrastruktur RI” ini, frekuensi gempa bukan hanya bersumber pada peta sumber bahaya gempa, tetapi juga pada penemuan teori sesar dan erupsi. 

KIP Perintahkan KPU Beberkan Data Rincian Infrastruktur Teknologi Pemilu 2024

"Makin ke sini kan makin lengkap datanya, karena sekarang ada penemuan sesar-sesar baru. Itu menambah data kita untuk dianalisis berapa sensitifnya dan seriskan apa suatu daerah terhadap bencana gempa," ucap Basuki.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024