Kementerian BUMN Angkat Bicara Soal Mundurnya Komisaris Krakatau Steel

Gedung Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara buka suara soal pengunduran diri Komisaris Independen PT Krakatau Steel Tbk, Roy Maningkas. Roy diketahui mundur dari jabatannya lantaran tidak setuju dengan proyek Blast Furnace yang dianggapnya akan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan. 

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan, persoalan teknis itu sebaiknya diselesaikan di internal Krakatau Steel. Namun, Kementerian BUMN diakui memang telah menerima surat pengunduran diri dari Roy Maningkas.

"Kalau urusannya di Kementerian BUMN memberikan surat (persetujuan) pengunduran diri.  Beliau menyampaikan pengunduran diri, karena sesuai anggaran dasar ya kan. Gitu aja sih," kata Harry akrabnya di Jakarta, Rabu 24 Juli 2019.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

Menurutnya, hal ini ke depannya juga harus dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan secara lebih rinci RUPS yang akan menyampaikan. Dia enggan membahas soal dissenting opinion atau beda pendapat Roy Maningkas pada proyek Blast Furnace, yang investasinya membengkak hingga Rp10 triliun tersebut.

"Enggak tau, aku enggak ngerti," kata Harry.

Erick Thohir Rombak Jajaran Petinggi Pelindo, Agus Suhartono Masuk Jajaran Komisaris

Sedangkan terkait pengoperasian fasilitas Blast Furnace yang dikatakan hanya akan dioperasikan dalam waktu dua bulan, Harry berharap proyek itu bisa terus berjalan. Dia tak menanggapi lebih jauh masalah yang ada di dalam proyek itu.

"Bahwa itu di dalamnya ada masalahnya atau enggak ya silahkan. Kita pingennya jalan terus," kata dia.
 

Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata (kiri) saat menyerahkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham pengangkatan Nawal Nely (kanan) sebagai Komisaris PLN.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024