Mendes Eko Ungkap Kelemahan Program Transmigrasi

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, mengatakan, dalam program transmigrasi pada pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla terdapat beberapa kelemahan. 

Resolusi 2023, Gus Halim: Harus Lebih Fokus, Detail dan Terintegrasi Antar Unit Kerja

Antara lain, anggaran pengiriman transmigran dari suatu daerah ke daerah lain, dan pewarisan hak tanah yang diberikan pemerintah untuk masyarakat. Hal tersebut lah yang jadi sorotan pemerintah saat ini. 

"Kelemahan transmigrasi pada akhirnya masyarakat punya tanah dari pemerintah diwariskan, padahal peraturan presiden hanya bisa diwariskan kepada satu anak. Untuk anggaran kita juga dibantu pemerintah daerah karena anggaran transmigrasi disaring," ucap Eko Putro Sandjojo di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2019. 

Kemendes PDTT Raih Peringkat Empat Terbaik Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2022

Dalam anggaran transmigrasi, Kemendes dibantu oleh pemerintah daerah dan pihak swasta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang masuk dalam program transmigran. 

"Ada kerja sama dari daerah pengirim ke daerah penerima. Maka pemerintah daerah yang mengirim juga membantu dananya, swasta juga membantu untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk untuk ratusan ribu hektare," tuturnya. 

Cak Imin Usul Kementerian Pertanian Dilebur ke Kementerian Desa

Eko mengatakan, pemerintah era Jokowi-JK memberikan dukungan teknologi dan infrastruktur untuk melayani masyarakat transmigrasi. Salah satunya dengan pemerataan pembangunan agar tercipta kemandirian. 

"Dengan dukungan teknologi sistem informasi Pak Jokowi menyebutkan era digital melayani dengan perkembangan. Saat ini bukan hanya dikoordinasi tapi di pengendalian serta berbagi informasi agar menciptakan kemandirian 4.0," tuturnya.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin)

Ke UGM, Gus Imin Tawarkan Gagasan Transmigrasi Modern Transpolitan

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menulai program transmigrasi merupakan program yang berhasil.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023