Mendes Berharap Infrastruktur Buat Kesejahteraan Transmigran Naik

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjojo mengatakan kegiatan rapat koordinasi transmigrasi menjadi ruang untuk mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla lima tahun terakhir.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Selain itu, Rakornas transmigrasi juga menjadi ruang untuk kepala daerah berpendapat soal fokus transmigrasi dalam lima tahun ke depan.

"Jadi rakornas ini adalah mengevaluasi lima tahun lalu, hambatannya apa saja. Kemudian mendengarkan pendapat dari kepala daerah lima tahun kedepan kita akan fokuskan kemana," ucap Eko Putro Sandjojo di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2019.

SMI Dapat Kontrak Penugasan Pemerintah Rp 825 Miliar, Siapkan Proyek Pembangunan di IKN

Selain itu, Eko mengatakan dalam lima tahun terakhir pihaknya sudah banyak menciptakan Kecamatan dan Kabupaten baru di Indonesia. 

Diharapkan dengan adanya pembaharuan di program transmigrasi ini, pemerintahan Jokowi-Maruf Amin dapat lebih meningkatkan komitmen infrastruktur.

Tanggul Kali Hek Jebol, DPRD DKI Soroti Sedikitnya Pasukan Biru SDA

Tentu saja hal tersebut diharapkan dapat memengaruhi kualitas hidup para transmigran, karena saat ini biaya hidup para transmigran sangat besar. 

"Transmigrasi ini telah menciptakan Kecamatan baru, Kabupaten baru, diharapkan dengan adanya komitmen lebih dari presiden dalam infrastruktur daerah transmigrasi bisa menyumbang EDP lebih baik lagi. Daerah tersebut masih dipengaruhi dengan high cost quality jadi harus dibantu dengan pertumbuhan infrastrukturnya," ucapnya.

Untuk itu Kemendes telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN untuk mengembangkan kawasan-kawasan transmigrasi.

"Kementerian Desa dibantu oleh Kementerian Pertanian, PU, BUMN dan lainnya, dalam mengembangkan kawasan Transmigrasi tersebut," ujar Eko.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya