Ini Dia Deretan Jalan Tol yang Siap Beroperasi Semester II 2019 - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 2 Agustus 2019 | 14:36 WIB

Ini Dia Deretan Jalan Tol yang Siap Beroperasi Semester II 2019

Jalan tol trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Palembang akan selesai.
Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung
Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono memastikan pada semester II 2019 ini pembangunan dari salah satu ruas Tol Trans Sumatera, yakni ruas Terbanggi Besar-Palembang, akan segera rampung. 

Dia memprediksi, ruas Tol Terbanggi Besar-Palembang sepanjang 340 kilometer itu akan rampung sekitar Oktober atau November 2019 mendatang.

"Kalau yang siap secara operasional yang dari Terbanggi Besar ke Palembang. Kemarin kan yang dari Bakauheni-Terbanggi Besar. Di semester dua ini, Terbanggi Besar-Palembang akan operasi," kata Basuki di kantornya, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 2 Agustus 2019.

"Sementara kalau Tol Trans Jawa yang mau operasi di semester II 2019 ini ruas Tol Pandaan-Malang," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit menjelaskan, di semester II 2019 ini pihaknya akan menggenjot penyelesaian ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung.

Hal itu diakui Danang juga akan digenjot, bersamaan dengan penyelesaian ruas Tol dari Kayu Agung ke Jakabaring. 

"Progresnya sudah dekat, minggu depan Pematang Panggang-Kayuagung sepanjang 85 kilometer juga sedang proses untuk uji layak fungsi," kata Danang.

Danang berharap penyelesaian kedua ruas tol di Trans Sumatera itu tidak akan terlalu lama, karena surat layak operasinya juga akan terbit.

"Sehingga kalau surat layak operasinya sudah terbit, maka proses pentarifan juga akan bisa kita lakukan sekaligus menunggu arahan peresmian dari Pak Presiden," ujar Danang.

Sementara untuk ruas-ruas tol yang siap beroperasi di semester II 2019 ini, Danang mengaku akan ada sejumlah ruas yang sudah siap beroperasi, seperti misalnya di seksi II Tol Cinere-Jagorawi.

"Kemudian Tol Balikpapan-Samarinda, itu ada beberapa seksi juga yang bisa kita buka di semester II 2019 ini," kata Danang.

Selain itu, lanjut Danang, pada ruas Tol Manado-Bitung, seksi yang proses pengerjaannya menjadi porsi Pemerintah juga bisa mulai dioperasional kan. "Kemudian seksi IV dari Tol Pasuruan-Probolinggo juga sudah bisa kita operasional kan semester II 2019 ini," ujarnya.

Saksikan Juga

Nyobain Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia

BERITA - 3 hari lalu
loading...
Muat Lainnya...