Momen Idul Adha, Konsumsi LPG Diperkirakan Naik tapi BBM Stabil

Pekerja menyusun tabung Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran tiga kilogram
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – PT Pertamina memastikan kecukupan pasokan BBM dan LPG jelang Idul Adha 1440 Hijriah. Kecukupan pasokan itu di antaranya untuk wilayah Marketing Operation Region (MOR) III Jawa Bagian Barat, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.  

Pertamina Proyeksi Kuota Subsidi LPG 3 Kg pada 2023 Bakal Jebol

Untuk mendukung kelancaran pasokan BBM dan LPG, Pertamina juga menyiagakan Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran Penyaluran BBM dan LPG selama masa Idul Adha, mulai Jumat 9 Agustus hingga Selasa 13 Agustus 2019.

Selama bulan Agustus 2019, kenaikan konsumsi LPG Pertamina MOR III diperkirakan mencapai 3 persen dari 176 ribu metrik ton (MT) menjadi sekitar 181 ribu MT. 

Mulai 1 Januari 2024, Beli LPG 3 Kg Harus Pakai KTP

LPG dimaksud yakni LPG subsidi 3 kilogram (kg) serta LPG non subsidi Bright Gas 5,5 kg, 12 kg,  Elpiji tabung biru 12 kg, dan 50 kg.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Tengku Fernanda mengungkapkan, dari kenaikan tersebut pihaknya mengalokasikan LPG subsidi 3 kg sekitar 166 ribu MT, atau sekitar 55 ribu tabung. 

Heboh Elpiji 3 Kg Subsidi Disulap Jadi Bright Gas, Ini Kata Pertamina

"Menghadapi Idul Adha dan HUT ke-74 RI, kami menyiapkan penambahan hingga lebih dari 4 ribu tabung di Jawa bagian barat," kata Fernanda dalam keterangan tertulis, Jumat 9 Agustus 2019. 

Menurut pria yang biasa disapa Nanda itu, konsumsi LPG diperkirakan naik sedikit, karena aktivitas memasak dan waktunya keluarga bersilaturahmi pada momen Idul Adha. Namun, kenaikan itu tidak sebanyak saat Ramadhan dan Idul Fitri.  

Untuk itu, Pertamina akan mengoptimalkan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Bagian Barat dengan menyiagakan Depot LPG hingga jalur distribusi resmi  di 1.164 agen dan 31.074 pangkalan di wilayah MOR III. 

Terkait kecukupan LPG subsidi, Nanda mengingatkan masyarakat yang berhak membeli LPG subsidi 3 kg, yakni keluarga pra sejahtera dan usaha mikro. Agar mendapatkan harga resmi sesuai HET SK pemda setempat bisa membeli isi tabung melon di agen dan pangkalan resmi Pertamina.

Kesiapan BBM

Sementara itu untuk kesiapan bahan bakar minyak (BBM), Pertamina MOR III mengoptimalkan pasokan BBM mulai dari Terminal BBM hingga ke SPBU untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan bakar bagi masyarakat.

"Konsumsi BBM pada Satgas Idul Adha diperkirakan stabil tidak ada kenaikan signifikan, karena Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Minggu, sehingga tidak terjadi peningkatan mobilisasi masyarakat ke luar kota," tutur Nanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya