Logo DW

Gara-gara Perang Dagang, Ekonomi Indonesia dan 3 Negara ASEAN Tiarap

AFP
AFP
Sumber :
  • dw

Bukan hanya perekonomian Indonesia, Singapura baru-baru ini memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi nasional negara itu selama satu tahun penuh gara-gara perang dagang AS dan China.

Langkah ini diambil setelah mempertimbangkan kondisi ekonomi global yang terlihat kian memburuk dan adanya data yang telah dikonfirmasi terkait pertumbuhan ekonomi yang paling lamban selama satu dekade. Kekhawatiran akan timbulnya resesi di negara kota ini pun meningkat.

Pemerintah Singapura memangkas kisaran prediksi pertumbuhan ekonomi menjadi 0,0 hingga 1,0 persen dari proyeksi sebelumnya sebesar 1,5 hingga 2,5 persen. Berdasarkan catatan kantor berita AFP, pertumbuhan ekonomi Singapura pada 2018 mencapai 3,2 persen.

Koreksi atas proyeksi ekonomi Singapura ini pun menambah kekhawatiran global tentang dampak meningkatnya proteksionisme terhadap ekspor dan produksi.

Memburuknya prospek global telah mendorong sejumlah bank sentral dari berbagai negara untuk memotong suku bunga dan mempertimbangkan stimulus yang tidak konvensional guna melindungi ekonomi mereka.

"Pertumbuhan PDB di banyak pasar permintaan akhir utama Singapura di paruh kedua 2019 diharapkan melambat atau mirip dengan yang tercatat di paruh pertama," demikian ungkap Kementerian Perdagangan Singapura dalam sebuah pernyataan pada Selasa (13/08) seperti dikutip dari Reuters.

Kementerian juga menandai sejumlah faktor yang dinilai riskan terhadap ekonomi termasuk situasi politik Hong Kong, sengketa perdagangan Jepang-Korea, perang tarif antara Cina dan AS, perlambatan pertumbuhan ekonomi Cina dan Brexit.