Hebat! Sri Mulyani Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia atau The World's Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes

Sosialisasi Pajak Bareng Sri Mulyani, Ganjar Minta Warga Jangan Takut

Dikutip dari Forbes, dia berada di peringkat 76 dalam daftar tersebut. Menteri keuangan berusia 57 tahun ini menjadi satu dari 100 wanita lain yang berpengaruh di dunia lantaran pengalamannya yang banyak di bidang perekonomian, tak cuma di negaranya tapi juga dunia. 

Dia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan sekaligus Plt Menko Bidang Perekonomian di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia dinilai membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demorasi. 

Soal Banjir Rob, Bupati Demak Curhat ke Sri Mulyani Minta Bantuan

Setelah itu, Sri Mulyani menjadi Direktur Pelaksana dan COO Bank Dunia. Ketika bekerja di Bank Dunia, Sri Mulyani juga mempromosikan kesetaraan gender.   

Sementara pada pemerintahan awal Jokowi, Sri Mulyani kembali diangkat menjadi Menteri Keuangan hingga kini. Sebagai Menteri Keuangan, dia dianggap mampu meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan dengan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan pajak. 

Sri Mulyani Akui 20 Tahun Desentralisasi Fiskal Banyak PR, Apa Saja?

Tahun lalu, dia menerima penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di World Government Summit atas upayanya mengimplementasikan reformasi. Dia juga pernah menjadi Menteri Keuangan Terbaik Asia tahun 2006 dari Emerging Markets. 

Sebelumnya, Sri Mulyani juga pernah berada di posisi 23 dalam daftar wanita paling berpengaruh versi Forbes pada tahun 2008. Sementara kali ini, dia berada di posisi 76. 

Adapun posisi pertama dalam daftar Forbes tahun ini, adalah Konselir Jerman Angela Markel. Markel selama sembilan tahun berturut-turut berada di peringkat puncak daftar tersebut. 

Sementara posisi kedua hingga 10, yakni Christine Lagarde, Nancy Pelosi, Ursula von der Leyen, Mary Barra, Melinda Gates, Abigail Johnson, Ana Patricia Botin, Ginni Rometty, dan Marillyn Hewson. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya