Heboh Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Thohir, Ini Faktanya
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 27 Desember 2019 | 16:26 WIB

Heboh Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Thohir, Ini Faktanya

Saham hanya dimiliki satu tahun.
Menteri BUMN Erick Thohir.
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menteri BUMN Erick Thohir.

VIVA – PT Asuransi Jiwasraya ternyata memiliki saham di perusahaan Erick Thohir yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN. Hal itu ramai jadi perbincangan usai kasus gagal bayar perusahaan pelat merah di bidang asuransi itu terungkap ke publik. 

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menuturkan bahwa saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA) yang dimiliki oleh Erick Thohir itu dibeli oleh Jiwasraya pada 23 Januari 2014.

Harga saham Rp14,9 miliar

Menurut Arya, saat itu saham yang dimiliki Erick dibeli oleh Jiwasraya dengan harga Rp14,9 miliar. 

"Saham yang dibeli sekitar hampir Rp15 miliar, yaitu Rp14,9 miliar dengan harga saham saat itu Rp95," kata Arya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat 27 Desember 2019. 

Dijual oleh Jiwasraya

Selanjutnya, ?Jiwasraya kembali menjual saham tersebut sebanyak dua kali pada 17 Desember 2014. Artinya, kata Arya, Jiwasraya tidak sampai setahun memiliki saham tersebut kemudian kembali dijual.

"Nilainya (penjualannya) Rp11 miliar lebih itu dengan harga saham Rp114. Kemudian hari yang sama, dia jual juga Rp6 miliar di harga saham Rp112," tutur dia. 

Dengan demikian, Arya menjelaskan, total untung atau selisih jumlah pembelian dan penjualan saham ABBA itu mencapai Rp2,8 miliar.

"Dia membeli di market dan menjualnya di market juga karena di hari yang sama dengan perbedaan harga Rp2. Keuntungan Rp2,8 miliar ketika beli saham ABBA atau untung 18 persen lebih," ujar dia.

Tidak sampai setahun

Dengan dijualnya saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA), maka Jiwasraya tidak sampai satu tahun memiliki saham perusahaan yang dimiliki Erick Thohir itu.

"Jadi beda dengan saham gorengan ya. Itu melebihi bunga bank, bahkan lebih dari Jiwasraya Saving Plan," katanya. 

 

loading...
Muat Lainnya...