Menhub Tak Setop Semua Penerbangan ke China, Ini Alasannya
Senin, 27 Januari 2020 | 18:23 WIB

Menhub Tak Setop Semua Penerbangan ke China, Ini Alasannya

Menhub hanya setop penerbangan ke Wuhan.
Menhub Budi Karya Sumadi.
Photo :
  • VIVA.co.id/Prasetya Yudha

Menhub Budi Karya Sumadi.

VIVA – Kementerian Perhubungan tidak melakukan penutupan penerbangan dari dan ke negara China atau negara lain yang sudah terdampak virus corona. Penerbangan hanya ditutup untuk yang langsung ke Wuhan, Provinsi Hubei, China. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penutupan penerbangan cuma ditutup dari dan ke Wuhan. Sementara tujuan ke kota lainnya di Tiongkok dan 12 negara lain yang sudah terdampak virus mematikan itu, tidak dihentikan. Adapun alasan dari kebijakan itu lantaran Organiasi Kesehatan Dunia (WHO) yang tidak mengeluarkan pernyataan kebahayaan atas kasus tersebut. 

"Tida ada setop. Pertimbangannnya enga ada pernyataan kebahayaan dari WHO. Kita bersandarkan hal itu," kata dia di Jakarta, Senin, 27 Januari 2020, dikutip dari VIVAnews. 

Itu sesuai dengan Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa yang menjadi acuan untuk menyikapi kasus tersebut adalah WHO. Sementara negara lain juga masih menyambut kedatangan wisawatan dari negara lain yang berkunjung ke negaranya, termasuk China. 

"Di negara lain juga welcome, ya kita juga harus welcome dan harus santun untuk melakukannya. Kita tidak melarang ke Indonesia, kecuali ke Wuhan, cuma satu," tuturnya. 

Baca juga: