Logo WARTAEKONOMI

Belanja di Minimarket Tinggal Masuk, Beli, Keluar Tanpa Bayar di Kasir

Belanja di Toko Tanpa Kasir, Bisa Dicoba di Minimarket Ini! Tinggal Masuk, Beli, Keluar. (FOTO: Reuters)
Belanja di Toko Tanpa Kasir, Bisa Dicoba di Minimarket Ini! Tinggal Masuk, Beli, Keluar. (FOTO: Reuters)
Sumber :
  • wartaekonomi

Mengikuti jejak Amazon Go, minimarket asal Amerika yang sahamnya dikuasai perusahaan Jepang, 7-Eleven mulai menyediakan toko tanpa kasir di Texas per 5 Februari lalu.

Toko seluas 700 kaki persegi itu menjadi pusat uji coba teknologi terbaru 7-Eleven, sebelum inovasi itu bisa diterapkan secara nasional.

"Teknologi ritel berkembang dengan kecepatan tinggi dan harapan pelanggan mendorong evolusi," kata Presiden dan CEO 7-Eleven, Joe DePinto, dikutip dari Business Insider, Jumat (21/2/2020).

7-Eleven mengombinasikan alat berbasis kamera dengan teknologi prediksi dan algoritma untuk menentukan waktu pembelian konsumen. Pelanggan akan memindai QR kode di aplikasi 7-Eleven saat memasuki toko, mengambil barang, lalu item yang dibeli akan diidentifikasi oleh gabungan teknologi tersebut.

Tanda terima akan diterima oleh konsumen melalui aplikasi yang sama, saat mereka keluar toko. Wakil Presiden Senior 7-Eleven, Mani Suri berujar, "pada akhirnya, kami bertujuan melampaui ekspektasi konsumen untuk transaksi lebih cepat, mudah, dan pengalaman berbalanja yang lancar."

Inovasi itu dibuat demi melanjutkan upaya modernisasi toko, termasuk meluncurkan checkout seluler bagi anggota 7Rewards yang memungkinkan konsumen membayar lewat aplikasi.