Logo WARTAEKONOMI

Jack Ma Berhasil Rebut Posisi Orang Terkaya Nomor 1 di Asia

Selamat! Jack Ma Berhasil Rebut Posisi Mukesh Ambani Sebagai Orang Terkaya No 1 di Asia. (FOTO: Republika)
Selamat! Jack Ma Berhasil Rebut Posisi Mukesh Ambani Sebagai Orang Terkaya No 1 di Asia. (FOTO: Republika)
Sumber :
  • wartaekonomi

Posisi Mukesh Ambani sebagai orang terkaya di Asia harus dilepas olehnya. Hal ini lantaran sang taipan energi India harus merasakan dampak dari turunnya harga minyak bersama dengan saham global. Kini, Ambani harus menyerahkan gelarnya kepada pendiri Alibaba, Jack Ma.

Kekalahan itu diperburuk dengan meningkatnya kekhawatiran penyebaran virus corona hingga menghilangkan kekayaan bersih Mukesh Ambani sebesar USD 5,8 miliar pada hari Senin kemarin.

Ambani harus pasrah ke nomor 2 dalam daftar orang terkaya di Asia, menurut Indeks Billionaires Bloomberg. Sementara Jack Ma kembali ke puncak dengan kekayaan USD 44,5 miliar, sekitar US USD 2,6 miliar lebih tinggi dari Ambani.

Seperti diketahui, harga minyak turun tajam dalam 29 tahun terakhir karena perang Arab Saudi dan Rusia. Ditambah adanya virus corona memacu penurunan permintaan dalam lebih dari satu dekade. 

Hal itu sempat menimbulkan pertanyaan apakah Industri Reliance milik Ambani dapat memotong utang bersih menjadi nol pada awal 2021 seperti yang telah ia janjikan?

Menyikapi kekhawatiran tersebut, Ambani berjanji pada Agustus nanti akan memotong utang bersih grup menjadi nol dari sekitar USD 21 miliar pada Maret lalu.