Begini Cara Dapat Token Listrik Gratis dan Diskon Tagihan PLN

Meteran listrik/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

VIVA – Presiden Joko Widodo membebaskan tagiahan listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen tagihan listrik bersubsidi pelanggan 900 VA. Insentif tersebut merupakan stimulus ekonomi dampak dari pandemi Virus Corona COVID-19 yang sedang mewabah saat ini.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

PT PLN pun telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program listrik gratis dan diskon itu. Berdasarkan keterangan resmi PLN, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperoleh insentif itu dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA ke nomor yang telah ditentukan, atau melalui website PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Kemudian, diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, secara otomatis akan dipotong 50 persen dari tagihan yang harus dibayarkan pada tiap bulannya. 

Lalu, bagi pelanggan pra bayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, bagi pelanggan pra bayar untuk kedua golongan itu, token listrik gratis dapat diambil dengan mengikuti mekanisme yang telah ditentukan. Berikut tata cara pengambilan token gratis tersebut.

Melalui website:

1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus COVID-19

2. Masukkan ID pelanggan atau Nomor Meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Melalui WA ke nomor 08122-123-123:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul

4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Dia mengatakan, proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. Sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

"Paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ungkap Made dikutip dari keterangannya, Jumat 3 April 2020. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya