Dicopot dari Komut Pelindo, Refly: Pemerintah Enggak Bener Kita Kritik

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun saat berkunjung ke kantor VIVA di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA – Keputusan mengejutkan datang dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. merombak susunan Dewan Komisaris PT Pelindo I (Persero). Refly Harun yang sebelumnya menduduki posisi Komisaris Utama diganti dengan Achmad Djamaludin.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Pencopotan Refly ditetapkan melalui Keputusan Menteri BUMN dengan Nomor. SK-123/MBU/04/2020 tanggal 20 April tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT Pelabuhan Indonesia I (Persero). 

“Kami mengucapkan terima kasih atas sumbangan dan dedikasinya selama memangku jabatan tersebut kepada jajaran Komisaris sebelumnya dan selamat datang kepada jajaran Komisaris yang baru PT Pelabuhan Indonesia I (Persero),” demikian keterangan resmi PT Pelindo I dilansir dari VIVAnews,  Senin 20 April 2020.

Jangan Ragukan Nasionalisme Pemain Naturalisasi Indonesia

Saat dikonfirmasi, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menuturkan bahwa alasan pencopotan Refly itu hanya bentuk penyegaran saja di Pelindo I. Karena, ada tiga komisaris lainnya yang juga diganti. “Empat orang kan yang diganti, bukan spesial beliau. dan ini untuk penyegaran di Pelindo I,” ucapnya.

Pasca dicopot, Refly curhat di media sosial. Ia berjanji setelah ini akan terus memberikan masukan di luar pemerintahan.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Menurut Refly yang juga ahli hukum tata negara ini, pemerintah perlu dikuatkan dan jika berada di jalur yang benar akan selalu didukung. Sebaliknya jika tidak benar maka akan dikritik. Tak lupa Refly mengucapkan terima kasih kepada Menteri BUMN sebelumnya, Rini Soemarno, begitu juga Erick Thohir dan Presiden Joko Widodo.   

"Trm ksh Rini Soemarno yg sdh mengangkat saya, trm ksh Erick Thohir yg sdh membehentikan, dan trm ksh Presiden Jokowi yg sdh mengkangkat dan memberhentikan. Izin berada di garis luar utk terus jadi peniup pluit. Pemerintah bener kita dukung, nggk bener kita kritik. Salam," tulis Refly di Twitternya, Senin malam 20 April 2020.

Dengan demikian berikut perubahan susunan Komisaris di PT Pelindo I. Berikut jajaran komisaris sebelumnya :

1. Refly Harun - Komisaris Utama merangkap sebagai komisaris independen 
2. Heryadi - Komisaris Independen 
3. Bambang Setyo Wahyudi - Komisaris 
4. Lukita Dinarsyah Tuwo - Komisaris
5. Winata Supriatna- Komisaris. 

Saat ini jajaran komisaris adalah sebagai berikut :

1. Achmad Djamaludin - Komisaris Utama
2. Arman Depari - Komisaris
3. Herbert Timbo Parluhutan Siahaan - Komisaris Independen 
4. Ahmad Perwira Mulia Tarigan - Komisaris Independen
5. Irma Suryani Chaniago - Komisaris Independen 
6. Winata Supriatna - Komisaris.

Baca: Refly Harun Dicopot dari Komisaris Utama Pelindo I

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya