DPR dan Pemerintah Sepakati Pemberian Stimulus untuk UMKM
Kamis, 7 Mei 2020 | 16:52 WIB

DPR dan Pemerintah Sepakati Pemberian Stimulus untuk UMKM

Stimulus dinilai penting bagi yang berhenti kerja karena Corona.
Ilustrasi Rapat Komisi XI DPR RI.
Photo :

Ilustrasi Rapat Komisi XI DPR RI.

VIVA – Komisi XI DPR RI, bersama dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, Gubernur Bank Indonesia Bersama Ketua Dewan Komisioner OJK telah menyepakati skema pemberian stimulus Kredit UMKM dan juga besarnya. Hal ini disepakati setelah DPR bersama Menkeu dan pihak terkait lainnya menggelar rapat bersama secara marathon pada Senin 4 Mei 2020 dan juga Rabu 6 Mei 2020.

Anggota Komisi XI, Kamrussamad mengatakan, Sebagaimana diketahui Pada Program Stimulus Pemerintah senilai Rp 405,1 Triliun Belum  menjelaskan Program untuk Membantu UMKM. Maka dari itu, Komisi XI mengusulkan agar Pemerintah menyiapkan stimulus bagi UMKM, antara lain pinjaman kredit dibawah 500 juta Baik melalui Koperasi, BPR, LPDB, Pegadaian, Pinjaman Online, Perusahaan Pembiayaan maupun melalui Perbankan dengan Skema KUR.

"Serta (pemberian stimulus umkm) sektor informal seperti pedagang sayuran, pedagang buah lokal serta pedagang ikan, penjual bakso, Warteg, Pedagang Kaki Lima (PKL) Yang sekarang terdampak Pandemic," kata Kamrussamad, Kamis 7 Mei 2020.