McD Sarinah Bisa Tetap Buka dengan Syarat Ini Kata Erick Thohir

McDonald's Sarinah.
Sumber :
  • Instagram: Jakarta Info

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi syarat jika waralaba makanan cepat saji (fast food) dari Amerika Serikat (AS), McDonald's alias McD ingin tetap mengoperasikan gerai mereka di Sarinah Thamrin, Jakarta. Menurut Erick, karena Sarinah dimaksudkan sebagai lokasi di mana produk-produk Indonesia seharusnya dipasarkan, McDonald's harus memasarkan juga produk-produk Indonesia di Sarinah.

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

"Selama mereka (McDonald's) friendy, why not? Tapi keberpihakannya (terhadap produk-produk Indonesia) ada tidak?," ujar Erick di Jakarta, Sabtu, 9 Mei 2020.

Erick yang merupakan mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf ini menyampaikan, salah satu produk Indonesia yang bisa dipasarkan yaitu kopi lokal. Erick ingin selain di Sarinah, McDonald's jugabisa turut memasarkan kopi lokal di seluruh gerainya di Indonesia.

Raphael Maitimo Nilai PSSI Di Bawah Erick Thohir Jauh Lebih Terorganisir

"Kalau mereka mau berpihak, terus jual kopi Indonesia di semua McD, saya open," ujar Erick.

Erick juga mengemukakan, ia tidak terlalu memusingkan ramainya pembahasan masyarakat, utamanya warganet yang menunjukkan kesedihan atas rencana ditutupnya McDonald's Sarinah yang legendaris karena hampir 30 tahun beroperasi. Pemerintah melalui Kementerian BUMN akan kembali memfungsikan Sarinah sebagai lokasi penjualan produk-produk Indonesia, dan rencana ini harus didukung semua pihak yang ingin beroperasi di Sarinah, termasuk McDonald's.

Erick Thohir Pastikan Seluruh Aset BUMN Dilindungi TNI

"Ya tidak apa-apa (rencana diprotes), kebijakan itu pasti ada pro dan kontra. Yang penting nawaitu atau niat kita yaitu kita mau bangun kekuatan brand lokal, desainer lokal, UKM lokal (di Sarinah)," ujar Erick.

Sebelumnya diberitakan tagar McDonald's yang berada di Sarinah atau McD Sarinah ramai diperbincangkan di jagat Twitter. Hal ini bermula dari unggahan salah satu netizen yang menyebut bahwa gerai McD yang berada di gedung Sarinah berhenti beroperasi di lokasi tersebut setelah 30 tahun berdiri.

"Untuk cerita yang yang pernah ada di sini.. Untuk kenangan yang terukir di sini.. Terima kasih untuk momen kebersamaan yang tak akan terlupakan. Selama hampir 30 tahun hadir di Sarinah, atas permintaan manajemen Sarinah dengan berat hati kami akan menutup pintu kami mulai Minggu 10 Mei 2020 jam 10.05 malam," begitu bunyi unggahan tersebut lengkap dengan sebuah foto bergambar lokasi McD Sarinah dengan maskot mereka Ronald yang melambaikan tangan.

Terkait hal tersebut pihak manajemen MC Donald Indonesia angkat bicara melalui keterangannya. Disebutkan bahwa McDonald’s Indonesia terpaksa harus menutup restoran pertamanya di Indonesia tersebut. Hal ini dilakukan atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang diterima oleh manajemen McDonald’s Indonesia pada hari Jumat, 1 Mei 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya