Konsorsium Bakrie Bangun Industri Methanol, Menperin: Ini Proyek Paten

Bakrie, Ithaca dan Air Product Bangun Industri Metanol Senilai US$ 2 Miliar
Sumber :
  • PT Bakrie & Brothers Tbk

VIVA – Konsorsium Bakrie-Ithaca-Air Product, yang terdiri dari PT Bakrie Capital Indonesia (CPI), PT Ithaca Resources, dan Air Product menjalin aliansi strategis membangun industri methanol senilai US$ 2,8 miliar lebih di Batuta Industrial Chemical Park, di Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

INFOGRAFIK: BSD dan PIK Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

Penandatanganan perjanjian definitif kontrak jangka panjang untuk fasilitas produksi batubara ke methanol (Coal-to-Methanol/CTM) yang berskala internasional ini dilakukan secara virtual oleh CEO PT Bakrie Capital Indonesia, Adika Nuraga Bakrie, Presiden Direktur PT Ithaca Resources, Agoes Projosasmito, serta Chairman, Presiden sekaligus CEO Air Products, Seifi Ghasemi, yang tengah berada di Amerika Serikat.

Penandatanganan perjanjian ini juga disaksikan langsung melalui konferensi video oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahaladalia, pada Kamis malam, 14 Mei 2020 di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, para menteri memberikan apresiasi yang positif.

Kabar Baru Insentif Mobil Hybrid, Kementerian Keuangan Juru Kuncinya

Berdasarkan kontrak jangka panjang tersebut, PT Bakrie Capital Indonesia, dan PT Ithaca Resources akan memasok bahan baku batubara dan telah berkomitmen untuk mengambil alih produksi methanol yang dipasarkan di Indonesia. Batubara yang dipasok dari tambang milik PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Ithaca Resources tersebut kemudian diolah oleh fasilitas produksi milik Air Products untuk diproduksikan menjadi methanol. 

Fasilitas ini nantinya akan mampu memproduksi hampir 2 juta ton metanol per-tahun dihasilkan dari hampir enam juta ton batubara per tahun. Proyek ini diharapkan onstream pada tahun 2024.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Baca Juga: Konsorsium Bakrie-Ithaca Bangun Industri Methanol US$ 2,8 Miliar

“Ke depan, setelah konstruksi fasilitas produksi selesai dalam 3 tahun, industri methanol akan mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM) secara signifikan dan pada akhirnya akan mengurangi tekanan pada mata uang rupiah,” ujar Adika Bakrie, lewat keterangan tertulis yang diterima VIVA, Jumat 15 Mei 2020.

Adika Nuraga Bakrie juga menambahkan bahwa proyek ini sejalan dengan strategi Grup Bakrie untuk berfokus pada industrialisasi. "Proyek ini menjadi momentum kami untuk ‘back to basic’, kembali fokus mengembangkan industri yang selama ini menjadi tulang punggung grup kami. Ini juga merupakan momen berkembangnya Batuta Chemical Industrial Park untuk lebih maju lagi di masa depan," katanya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan, proyek ini sebenarnya sudah ditunggu cukup lama oleh pemerintah. Ia pun menyambut antusias penandatangan perjanjian ini dan menyebutnya sebagai proyek paten.

"Saya setuju bahwa ini momen bersejarah bagi kita di Indonesia, apalagi di tengah pandemi ini. Kalau diringkas menjadi satu kata, maka ini adalah proyek paten," ujar Agus.

Agus pun menegaskan bahwa pihaknya akan menandatangani rekomendasi agar proyek ini dapat dikategorikan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). "Atas perintah pak Luhut, saya akan membuat surat rekomendasi yang menyatakan bahwa proyek ini akan masuk dalam klasifikasi PSN," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya