Bukan Cuma APD, Nutrisi Tenaga Medis Juga Harus Diperhatikan

Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Di tengah wabah virus corona, kerja para petugas medis menjadi perhatian. Mereka, yang berada di garda terdepan penanganan pasien corona, bukan cuma membutuhkan alat pelindung diri atau APD. Para petugas medis ini, juga butuh diperhatikan akan kebutuhan gizi dan nutrisinya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Beruntung, di tengah masa pandemi corona, masih ada masyarakat yang peduli akan kesehatan dan keselamatan para petugas medis. Mereka, bukan cuma memberikan perhatian berupa donasi APD, tapi juga kebutuhan untuk gizi dan nutrisi para petugas medis.

Seperti yang dilakukan salah satu perusahaan produsen bumbu penyedap makanan, Group Ajinomoto Indonesia. Perusahaan ini, ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia. Bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), perusahaan grup ini memberikan donasi senilai Rp1 miliar. Bantuan diberikan dalam bentuk produk-produk hasil produksinya khusus untuk tenaga medis, dan relawan yang bertugas di 11 Rumah Sakit rujukan pemerintah dalam penanganan pasien yang terdampak COVID-19 di Jakarta serta Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta.

Prof Tjandra: Ramai Kasus Depresi di Kalangan PPDS, Ini 5 Rekomendasi Tindak Lanjut Perlu Dilakukan

Pemberian bantuan untuk paramedis

Penyerahan donasi ini dilaksanakan dengan upacara simbolis yang diserahkan langsung oleh Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia, Ichiro Sakakura, kepada Direktur Tanggap Bencana BAZNAS, Dian Mandala Putri di Kantor Pusat PT Ajinomoto Indonesia, di Kawasan Sunter, Jakarta Utara, Jumat , 15 Mei 2020 lalu. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Sebagai perusahaan yang memahami arti kesehatan melalui asupan makanan yang enak dan bergizi, kami yakin apa yang kami berikan ini dapat mendukung berbagai pihak yang terlibat langsung dalam penanganan Pandemi COVID-19, agar mereka tetap sehat dan tercukupi asupan nutrisinya,” ujar Ichiro Sakakura, Presiden Direktur – PT Ajinomoto Indonesia lewat rilis yang diterima VIVA.

“Hal yang sama juga dilakukan oleh berbagai pihak yang juga memberikan bantuan baik berupa materi, tenaga, waktu, dan pikiran, untuk menolong yang terdampak, dan yang sedang berjuang merawat pasien di rumah sakit. Keadaan yang terjadi saat ini membuat kita jadi lebih bisa menghargai arti kebersamaan bersama keluarga, dan lebih bisa menahan diri untuk tetap #DirumahAja,” lanjutnya.

Disisi lain, Direktur Tanggap Bencana BAZNAS, Dian Mandala Putri, mengapresiasi langkah Group Ajinomoto Indonesia yang turut serta bergabung memberikan dukungan bagi para tenaga medis yang hingga saat ini masih terus berjuang di garda terdepan dalam penanganan wabah COVID-19.

“Langkah ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah dalam penanganan wabah COVID-19 khususnya bagi tim medis yang sedang bertugas. Diharapkan dengan bantuan produk-produk bumbu masak ini dapat mendukung tugas para tim medis, khususnya dalam pemenuhan asupan makanan yang enak dan bergizi di dalam menjalankan tugas kemanusiaan menghadapi krisis wabah COVID-19,” kata Dian.

“Semoga dukungan dari Group Ajinomoto Indonesia ini menjadi penggerak korporasi lainnya untuk turut mendukung penanganan wabah COVID-19 agar kondisi dapat kembali normal. BAZNAS berkomitmen untuk terus berjuang memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan lewat program-program bantuan kesehatan, sosial, maupun ekonomi,” lanjutnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya