Inflasi Periode Ramadhan 2020 Bakal Berbeda dari Kondisi Normal

Inflasi Periode Ramadhan 2020 Bakal Berbeda dari Kondisi Normal

Jumat, 29 Mei 2020 | 05:04 WIB
Harga pangan dipastikan stabli di tengah pandemi Corona. 
Pemantauan harga pangan di Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta
Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Pemantauan harga pangan di Pasar Beringharjo, DI Yogyakarta

VIVA – Sejumlah langkah pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan, dinilai bisa meredam gejolak harga saat ini periode Ramadhan hingga Lebaran. Di tengah pandemi Virus Corona, upaya itu diprediksi dapat menggeser tren inflasi pada periode yang sama dalam kondisi normal cenderung tinggi.

Terkait pengendalian harga, Kementerian Perdagangan Kemendag diketahui telah mengeluarkan beberapa kebijakan. Seperti memotong rantai distribusi, menetapkan Harga Eceran Tertinggi untuk gula, dan memperbanyak pasokan ke pasar melalui kebijakan importasi.

Kemendag juga rutin menggelar operasi pasar di berbagai daerah. Upaya itu mampu menahan kenaikan harga selama Ramadhan bahkan jelang Idul Fitri.

Pengamat Ekonomi sekaligus pengajar Perbanas Institute Piter Abdullah berpendapat, periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini memang sangat berbeda dengan biasanya. Apalagi ada kebijakan pembatasan sosial skala besar dan juga pelarangan mudik.

“Tekanan inflasi selama wabah (COVID-19) ini memang tidak cukup besar, terutama bila dibandingkan dengan kondisi normal,” ucap Piter dikutip dari keterangannya, Jumat 29 Mei 2020.

Dia menjabarkan, jika dibandingkan hari-hari biasa, seminggu jelang Idul Fitri terdapat kenaikan permintaan terhadap berbagai kebutuhan sembako dibandingkan kondisi normal. Namun, peningkatan itu ditegaskan jauh lebih rendah dibanding kondisi normal.

Sementara itu, pasokan atau supply bahan pokok atau sembako di jaga oleh pemerintah. Fakta tersebut lanjutnya bisa membuat maka inflasi lebih stabil dibanding periode yang sama tahun-tahun sebelumnya.

“Tidak ada lonjakan inflasi yang terlalu besar,” ucap Piter.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler