Luhut Hanya Mau Turis Asing 'Kaya' yang Datang ke Indonesia

Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan pemulihan sektor pariwisata Indonesia dari pandemi COVID-19. Salah satu caranya yang akan ditempuh adalah mendorong kedatangan turis-turis level A dan B, serta wisatawan domestik.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

Menurut Luhut, cara ini merupakan langkah utama dalam upaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi, cara ini berpotensi dapat meningkatkan porsi penerimaan negara dari wisatawan domestik.

Sejauh ini, porsi penerimaan negara dari wisatawan domestik hanya mencapai 55 persen, namun ke depannya akan menjadi 70 persen. Di sisi lain, bakal juga didorong kedatangan turis asing kelas A dan B atau kelas atas dan menengah.

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

"Kita tidak mau lagi turis-turis, bukan enggak maulah, mengurangi turis-turis yang kelas C. Karena sekarang dari hasil survei trennya itu lebih banyak turis-turis ber-ada yang akan datang karena ongkos. Karena itu persiapan kita harus baik," kata Luhut, seperti dikutip VIVAnews, Jumat 12 Juni 2020.

Sedangkan untuk cara lainnya, dijelaskan Luhut, akan diluncurkan juga empat program yang dikhususkan untuk wisatawan lokal, yaitu in city activation, staycation, road trip, dan epicsale. Jurus ini diharapkan dapat menggerakan perjalanan lintas kota atau provinsi.

Luhut Jamin Pemerintah Bayar Klaim Rafaksi Minyak Goreng Rp 474,8 Miliar ke Pengusaha

Selain itu, cara terakhir adalah dengan mempercepat pengembangan desa wisata berdasarkan one village one product yang menampilkan produk-produk kreatif hasil karya warga desa setempat.

"Tolong dilihat betul, sekarang modelnya kita buat satu nanti kita copy di tempat lain. Jadi, di sekitar Danau Toba ada 10 desa yang akan kita coba buat jadi percontohan one village one product," ujarnya.

Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pariwisata jadi industri yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi secara cepat dengan berbagai aspek yaitu kesempatan kerja dan peningkatan taraf hidup

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024