Corona Belum Berlalu, Pariwisata Indonesia Juli 2020 Dibuka Lagi

Pantai Seminyak, Pulau Bali.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa sektor pariwisata akan mulai dibuka pada Juli 2020. Pembukaan akan dilakukan secara bertahap.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Untuk tahap awal, kata Luhut, sektor pariwisata yang akan dibuka pertama adalah wisata konservasi termasuk kebun binatang dan wisata alam lainnya seperti sektor bahari.

"Pembukaan konservasi, termasuk kebun binatang. Secara bertahap akan kami buka, mungkin Juli ya bermacam-macam tergantung area yan siap," kata Luhut saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Adapun sejumlah wilayah yang telah siap adalah Banyuwangi di Jawa Timur. Bahkan, Luhut melanjutkan, daerah itu telah disiapkan untuk liga selancar dunia pada November 2020.

"Harusnya November, itu penonton nomor tiga terbesar di dunia. Lebih besar dari MotoGP. MotoGP nomor sembilan. Itu memilih G-Land di Banyuwangi sebagai tempat, mungkin ditunda tahun depan," kata dia.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Selain itu, dia juga mengatakan, wilayah yang juga siap adalah Bali, pulau Komodo dan kawasan Labuan Bajo secara umum. Hal itu juga sudah dipastikan dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat.

"Kemudian pulau Komodo, Labuan Bajo, itu juga oleh Gubernur dilaporkan siap, Bali juga sudah siap. Around Juli semualah," kata mantan Menko Polhukam ini.

Diketahui hingga saat ini, pertengahan Juni 2020, wabah Corona COVID-19 masih mendera Indonesia. Jumlah kasus Corona juga masih bertambah dari hari ke hari. Sekalipun angka kesembuhan terus naik namun angka pasien meninggal juga mengalami penambahan.

Baca juga: 9 Bangkai Pocong Ayam Gegerkan Kudus, Ada Tusuk Jarum dan Foto Gadis


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya