Indikator Ini Bisa Jadi Penilaian Kinerja Menteri Memuaskan atau Tidak
Rabu, 1 Juli 2020 | 07:11 WIB

Indikator Ini Bisa Jadi Penilaian Kinerja Menteri Memuaskan atau Tidak

Kinerja para menteri saat ini sedang menjadi sorotan
Jokowi dan Menteri di Kabinet Indonesia Maju
Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jokowi dan Menteri di Kabinet Indonesia Maju

VIVA – Presiden Joko Widodo sempat mengungkapkan kemarahannya di depan para menteri-menterinya karena merasa tak puas dengan kinerja para bawahannya tersebut. Tak heran, kini, kinerja Kementrian di republik Indonesia sedang jadi sorotan. 

Tak terkecuali, Kinerja Kementrian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN juga terus mendapat sorotan dari berbagai pihak. Terutama saat BUMN dipimpin oleh Erick Thohir. 

Mengenai hal ini, Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio memandang kinerja Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melakukan gebrakan dengan kebijakan restrukturisasi dan menempatkan sosok di perusahaan plat merah yang memiliki kapabilitas, profesionalitas, dan mendukung bisnis di masa depan, dinilai sudah tepat. 

Menurut Hendri, indikator keberhasilan seorang menteri bisa dilihat oleh dua faktor. Jika keduanya dimiliki oleh seorang menteri, bisa dikatakan telah berhasil menjalankan kinerjanya dengan baik. “Indikator pertama, paling tepat bagi Menteri itu adalah kepuasan Presiden, jadi kalau Presiden kemudian tidak masalah, kemudian Presiden senang itu berarti apa yang dilakukan Erick Thohir itu memang bagus dan tepat,” ujar Hendri, Selasa, 30 Juni 2020. 

Selanjutnya, Indikator kedua adalah dilihat dari kinerjanya, apakah ada hasil yang sudah dikerjakan dan terasa manfaatnya atau tidak.