Pesawat Garuda yang Tergelincir Angkut 14 Orang Penumpang

Pesawat Garuda Keluar dari Lintasan Saat Lepas Landas di Makassar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 613 di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tergelincir saat akan lepas landas menuju Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pada 18.56 WITA, Rabu petang kemarin. 

'Lebaran ke Jakarta', Garuda-Citilink Diskon Tiket 75 Persen

Pesawat bertipe Airbus 330-300 dengan nomor registrasi PK-GHD itu tidak mengalami kerusakan berarti. Pesawat ini membawa 14 penumpang dan 12 kru pesawat. Seluruh penumpang dan kru pesawat tersebut sudah dievakuasi ke terminal.

Sementara runway 21, yang menjadi lokasi kejadian,ditutup hingga pukul 24.00 WITA, malam tadi. Namun, pihak PT Angkasa Pura I Makassar memastikan kondisi ini tidak berdampak kepada operasional beberapa penerbangan berikutnya. 

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

"Berkat kesigapan personel AMC dan ARFF Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, insiden ini segera dapat ditangani, dan penumpang langsung dievakuasi. Insiden ini tidak berdampak terhadap operasional penerbangan selanjutnya karena Bandara Sultan Hasanuddin memiliki dua runway," ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 2 Juli 2020.

Hingga saat ini, pihak Angkasa Pura masih melakukan investigasi penyebab dari pesawat yang tergelincir. Saat ini, Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tengah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, terutama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk memastikan tindak lanjut penanganan insiden pesawat tersebut.

Tambah Penerbangan ke Singapura, Bos Garuda: Konser Taylor Swift Dongkrak Penumpang hingga 30 %

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat insiden pesawat Garuda Indonesia ini. Angkasa Pura I senantiasa mengutamakan kenyamanan pengguna jasa bandara, termasuk ketika dalam kondisi gangguan operasional penerbangan," kata Handy.

Sebelumnya diberitakan,  Insiden keluar dari runway atau landasan pacu dialami Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, saat hendak lepas landas (take off) sekitar pukul 18.46 WITA, Rabu, 1 Juli 2020. Pesawat dengan tujuan dari Ujungpandang (Makassar) menuju Jakarta itu tiba-tiba keluar dari landasan pacu.

Stevie Agnecya dan Anggi Pratama

Profil Suami Stevie Agnecya Anggi Pratama, Seorang Pilot dan Pebisnis

Nama Anggi Pratama saat ini tengah menjadi sorotan sebagai suami dari mendiang selebgram Stevie Agnecya. Berikut profil anggi pratama suami almarhum Stevie Agnecya.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024