Grab Didenda Rp30 M, Hotman Paris: Preseden Buruk untuk Dunia Usaha RI
Jumat, 3 Juli 2020 | 12:45 WIB

Grab Didenda Rp30 M, Hotman Paris: Preseden Buruk untuk Dunia Usaha RI

Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum Grab dan TPI
Hotman Paris.
Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Hotman Paris.

VIVA – Komisi Pengawas Persaingan Usaha  atau KPPU telah menjatuhkan sanksi denda pada PT Solusi Transportasi Indonesia atau Grab sebesar Rp30 miliar. Pihak Grab telah dianggap melanggar Pasal 14 dan 19 UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. 

Terkait hal itu, Kuasa Hukum Grab dan TPI, Hotman Paris Hutapea menganggap sebagai keputusan tersebut tidak tepat sebab hal ini berbanding terbalik dengan apa yang diinginkan Presiden Joko Widodo untuk membujuk investor asing berinvestasi di Indonesia. 

"Bahwa putusan KPPU tersebut preseden buruk bagi citra dunia usaha Indonesia di mata internasional. Di saat Presiden Joko Widodo sedang bekerja keras untuk membujuk investor asing agar berinvestasi di Indonesia, KPPU justru menghukum investor asing (Grab dan TPI) yang telah menanamkan modal besar di Indonesia dan yang telah membuka lapangan pekerjaan yang sangat luas, dengan pertimbangan-pertimbangan yang tidak sesuai dengan fakta persidangan," kata Hotman Paris dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 3 Juli 2020.

Baca Juga: Sempat Adu Mulut, Ini Profil Muhammad Nasir dan Orias Petrus