Bagaimana Tantangan Kapal Penumpang di Masa Pandemi COVID-19?

Ilustrasi Kapal Pelni sedang berlabuh.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Yasir

VIVA – Sektor pelayaran atau transportasi laut seperti sektor-sektor industri lain tengah menghadapi tantangan berat seiring dengan mewabahnya COVID-19. Di bidang transportasi laut, salah satu yang paling terdampak badai pandemi COVID-19 adalah kapal penumpang, termasuk di dalamnya kapal pariwisata.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Bagaimana strategi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pelayaran yang menangani kapal penumpang bisa bertahan di masa pandemi ini? Dan bagaimana inovasi yang dilakukan untuk meghadapi new normal ke depan?

Myshipgo melalui forum diskusinya, Indonesia Maritime Club (IMC) kembali menyelenggarakan diskusi via ZOOM yang bertajuk: “Peluang dan Tantangan Kapal Penumpang dan Kapal Pariwisata di Masa Pandemi dan Pasca Pandemi COVID-19” pada Rabu 8 Juli 2020 pukul 10.00 WIB. Dengan narasumber Direktur PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) ("PELNI"), Insan Purwarisya L. Tobing.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

CEO dan Co-Founder Myshipgo, Harlin E. Rahardjo mengatakan, Myshipgo mengagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, dan pencerahan di sektor maritim, kelautan, logistik, dan juga teknologi informasi atau digitalisasi.

Selain itu, Myshipgo berharap, diskusi ini dapat merangkul para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dalam memajukan Indonesia.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

"Sektor maritim, kelautan, dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan (lebih dari 17.000 pulau) yang 2/3 wilayahnya terdiri dari laut," kata Harlin.

"Di IMC seri ke-10 ini kita akan membahas topik tentang kapal penumpang dan kapal pariwisata yang dahsyat dihantam badai pandemi COVID-19. Pak Insan, akan menyampaikan bagaimana strategi dan kiat-kiat PELNI khususnya bisnis kapal penumpang untuk survive dan bangkit menghadapi new normal," ujar Harlin.

Sementara itu, Co-Founder Myshipgo sekaligus moderator IMC, Dony Arif Nugroho menambahkan, dalam diskusi nanti akan ada beberapa pengurus INSA (Indonesia National Shipowners Association) yang bergerak di bidang kapal penumpang dan pariwisata untuk berbagi pengalaman serta pengetahuan di forum ini.

Sekedar informasi, Forum Diskusi Virtual Indonesia Maritime Club bakal memasuki edisi ke-10 dan akan hadir setiap pekannya pada hari Rabu mulai pukul 10.00 WIB dengan topik yang menarik dan narasumber yang kredibel. Anda berminat daftar, silahkan kunjungi bit.ly/myshipgo_imc10 atau WA di +6281905604999.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya