Malang Jadi Daerah Penghasilan Startup Paling Banyak di Jawa Timur

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak saat meresmikan Millenial Job Center di Malang, Senin, 2 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Lucky Aditya

VIVA – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyebut Kota Malang menjadi daerah produksi startup terbanyak di provinsi itu. Menurutnya, Malang memiliki potensi sebagai daerah panutan di Jatim dalam pengembangan Millenial Job Center.

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

"Data yang kami peroleh dari kordinator startup gerakan nasional 1.000 startup bahwa memang di Malang ini mengungguli daerah lainnya di Jawa Timur. Oleh karena itu Malang punya potensi untuk menjadi trendsetter dalam upaya pengembangan Millenial Job Center yang tumpuannya adalah pada ekonomi digital kreatif," kata Emil di Malang, Senin, 2 Desember 2019.

Millenial Job Center bakal menjadi wadah talenta di industri kreatif untuk membangun jam terbang alias pengalaman profesional. Tidak hanya di Malang namun juga di daerah lain di Jatim seperti Surabaya dan daerah lainnya yang memiliki potensi industri kreatif.

Mulai Peduli Kesehatan, Muncul Lagi Golongan Coffee Snob yang Ogah Pakai Gula

"Millenial Job Center ini adalah bagian dari kita menciptaan wadah talenta yang menyediakan talenta yang ada di Jawa Timur untuk meningkatkan jasa mereka. Kenapa di Malang, karena kita ada sebuah kolaborasi yang benar-benar komprehensif sehingga bisa menjadi barometer bagi industri kreatif di semua tempat," ujar Emil.

Emil menjelaskan, di Millenial Job Center para lulusan sekolah menengah kejuruan maupun lulusan universitas diajak membuat pilot project tentang industri kreatif. Pilot project inilah yang akan ditawarkan ke industri atau perusahaan. Bisa berupa pembuatan website, content creator, maupun audio dan visual.

Nyatakan Cinta dengan Tinta, Millenial Hingga Gen Z Diminta Jangan Golput

Millenial Job Center di Malang diminati oleh generasi milenial. Sejauh ini sudah ada 600 komunitas yang terdiri dari ribuan anak muda yang telah mendaftar untuk melakukan kolaborasi membuat industri kreatif di Millenial Job Center.

"Kemarin kita dibantu perusahaan besar. Karena ini untuk memulai harus ada kepercayaan. Maka kita ajak Gojek, Bukalapak, Amazon Web Service, dan juga kemarin ada tim Google. Juga dari beberapa komunitas," kata Emil. (ase)

[dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif]

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus mendorong kemunculan industri-industri kreatif baru di Tanah Air saat ini.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024