10 Peristiwa Besar Ekonomi 2019: Holding BUMN hingga Skandal Garuda

Miniatur Pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia.
Sumber :
  • instagram @garuda.indonesia

VIVA – Sepanjang 2019 sejumlah peristiwa penting di bidang ekonomi tercatat rapi dalam pemberitaan VIVAnews. Mulai dari rencana pembentukan induk usaha (holding) sejumlah perusahaan BUMN hingga kasus impor motor Harley Davidson yang dilakukan eks direktur utama PT Garuda Indonesia Tbk.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Rencana holding yang sebelumnya digaungkan oleh Menteri BUMN era Kabinet Kerja yaitu Rini Soemarno, nyatanya tak berlanjut semuanya di tangan Menteri BUMN saat ini yaitu Erick Thohir, khususnya rencana Super Holding yang sempat digaungkan.

Kemudian, pada akhir tahun pemerintah akhirnya memutuskan pemenang dari sayembara desain Ibu Kota Negara. Pemenang pertama sayembara itu mengangkat konsep Nagara Rimba Nusa.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Berikut, rangkaian peristiwa besar dan penting yang dirangkum dalam kaleidoskop sepanjang 2019:

1.  Super Holding BUMN

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Rini Soemarno

Pemerintah berencana untuk membentuk sejumlah holding Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang nantinya akan mengarah pada pembentukan super holding.

Menteri BUMN, Rini Soemarno menjelaskan, super holding itu nantinya akan terdiri dari holding-holding BUMN, yang akan membawahi seluruh BUMN yang ada sesuai dengan sektornya masing-masing.

"Nantinya, itu akan menjadi seperti Temasek (Singapura) atau Khazanah (Malaysia)," kata Rini di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin 15 April 2019.

2. Perang Dagang AS dan China

Perang Dagang AS China.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan, perang dagang antara Amerika Serikat dengan China tidak akan berdampak signifikan terhadap Indonesia, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

"Kenapa kita jadi pusing? Biar aja dia perang dagang. Ya itu kan kelanjutan-kelanjutan dari kebijakan yang lalu, yang mereka ambil, jadi ya kita imbasnya enggak selalu negatif," ujar Darmin di kantornya, 23 Maret 2019.

Menurut dia, negatif perang dagang antar kedua negara digdaya tersebut, tidak langsung akan dirasakan Indonesia. Tapi ada pula dampak positifnya.

3. Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi

Target Pertumbuhan Ekonomi pada 2020, Peti Kemas, Pelabuhan

Badan Pusat Statistik mencatat, ekonomi Indonesia pada kuartal II-2019 tumbuh sebesar 5,05 persen secara tahunan (yoy). Laju pertumbuhan itu lebih rendah jika dibandingkan ekonomi kuartal II-2018 yang tumbuh 5,27 persen dan kuartal I-2019 sebesar 5,07 persen.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 4,20 persen (qtoq). Naik jika dibandingkan dengan laju ekonomi pada kuartal I-2019 yang tumbuh negatif 0,52 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Sedangkan, pada kuartal III-2019 Badan Pusat Statistik mencatat, ekonomi Indonesia tumbuh 5,02 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Laju pertumbuhan itu lebih rendah jika dibandingkan ekonomi kuartal III-2018 yang tumbuh 5,17 persen, dan kuartal II-2019 sebesar 5,05 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto mengungkapkan, dengan catatan itu, perekonomian Indonesia berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku pada kuartal III-2019 tercatat sebesar Rp4.067,8 triliun, sedangkan atas dasar harga konstan sebesar Rp2.818,9 triliun.

4. Pemindahan Ibu Kota

Maket dari pemenang desain Ibu Kota Negara Baru.

Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan sebagian wilayah Kabupaten Penajam Pasier Utara dan Kabupaten Kutai di Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara baru Republik Indonesia. Langkah tersebut dilakukan Presiden guna mengurangi kesenjangan antara wilayah di Indonesia.

Menurut Jokowi, penunjukan Kalimantan Timur karena wilayah ini memiliki risiko bencana yang minimal, baik itu bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, dan tanah longsor.

Selain itu, pada akhir 2019, Kementerian PUPR resmi mengumumkan pemenang sayembara desain ibu kota negara, Senin 23 Desember 2019. Bertempat di Auditorium Kementerian PUPR, lima finalis telah hadir untuk menanti pengumuman. 

Tim dewan juri telah menetapkan bahwa kelimanya merupakan pemenang. Juara pertama jatuh kepada peserta dengan nomor IKN-0114J, Nagara Rimba Nusa. 

5. Indonesia Versus Uni Eropa soal Sawit

Perkebunan kelapa sawit.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan pemerintah masih melakukan negosiasi dengan Uni Eropa terkait penjegalan produk minyak sawit atau biodiesel Indonesia. Uni Eropa diketahui akan mengenakan tarif bea masuk anti subsidi biodiesel sebesar 8-18 persen.

Enggar menegaskan, pemerintah tidak akan tinggal diam dengan kebijakan yang akan dilakukan Uni Eropa itu. Pemerintah RI akan mengenakan kebijakan serupa untuk produk Uni Eropa yang masuk ke Indonesia.

6. LRT Jabodebek

Kereta LRT Jabodebek diangkat ke jalurnya di Stasiun Cibubur, Jakarta Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan menghadiri pengangkatan perdana rangkaian gerbong LRT di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu, 13 Oktober 2019.

Budi Karya mengatakan, pengangkatan kereta LRT ini adalah bukti bahwa putra-putri Indonesia mampu bekerja dengan baik dalam membuat rangkaian kereta api dengan menggunakan 90 persen local content atau dalam negeri.

Rangkaian kereta LRT Jabodebek yang berjumlah enam kereta penumpang itu kini sudah terpasang manis di lintasan Cibubur-Cawang. Enam kereta LRT Jabodebek Perdana tersebut mulai melakukan uji dinamis di lintasan.

7. Defisit APBN

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Kementerian Keuangan mencatat defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN hingga Oktober 2019 mengalami kenaikan cukup tinggi, yakni menjadi sebesar Rp289,1 triliun, atau sebesar 1,8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Defisit tersebut naik bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp229,7 triliun. Defisit pada periode itu terhadap PDB hanya sebesar 1,56 persen.

Kemudian, defisit APBN tersebut semakin naik pada November 2019 yang mengalami defisit 2,29 persen dari PDB atau senilai Rp368,9 triliun. Realisasi itu naik 124,6 persen dari target APBN 2019 sebesar Rp296 triliun atau 1,84 persen dari PDB.

Realisasi itu juga jauh membengkak dibandingkan capaian pada 30 November 2018 yang hanya defisit Rp279,7 triliun atau sekitar 1,89 persen dari PDB. Meski begitu, masih lebih baik ketimbang catatan 30 November 2017 yang defisit Rp349,6 triliun atau mencapai 2,59 dari PDB.

8. Proyek Tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika. meresmikan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Lampung, Jumat, 8 Maret 2019.

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol terpanjang di Indonesia, yaitu ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung atau Terpeka pada Jumat 15 November 2019. Tol yang terdapat di Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS memiliki panjang 189 kilometer. 

Jokowi menyampaikan bahwa saat ini, jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini, merupakan jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia, dan merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikan.

“Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Dan, kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin”, ungkap Jokowi dikutip dari keterangan resmi Hutama Karya, Jumat 15 November 2019. 

Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Simpang Pematang, kilometer 240 Simpang Pematang Panggang, Mesuji, Lampung.

9. Mobil Listrik

Pertamina Gandeng BMW Luncurkan Dispenser Pengisian Mobil Listrik.

Dalam Sidang Bersama Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2019, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa saat ini Indonesia sudah berani melakukan beberapa lompatan kemajuan.

Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik.

"Tapi diharapkan, hal itu bisa lebih berkembang, sehingga bisa membangun industri mobil listrik sendiri," kata Jokowi di Gedung DPR-MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 16 Agustus 2019.

Presiden, bahkan menegaskan bahwa Indonesia harus berani melakukan ekspansi dan tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. "Produk-produk kita harus mampu membanjiri pasar regional dan global, itu yang harus kita wujudkan," kata Jokowi.

10. Skandal Garuda Indonesia

Mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kronologi terkuaknya penyelundupan komponen motor Harley Davidson dan dua buah sepeda Brompton melalui pesawat baru milik Garuda Indonesia, Airbus A330-900, yang didatangkan dari Prancis.

Kata dia, saat mendarat di Garuda Maintenance Facility (GMF) Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada 17 November 2019, pihak Bea Cukai melakukan standar pemeriksaan terhadap pesawat baru yang masuk tersebut karena GMF termasuk Pusat Logistik Berikat (PLB).

"Dalam Airbus A330-900 ini terdapat 22 penumpang. Jadi passenger list-nya 22," kata dia saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

Dia pun menyebutkan 22 nama-nama tersebut, termasuk di dalamnya Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara dan jajaran direksi lainnya seperti Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto beserta istri-istri yang bersangkutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya