Meski Virus Corona Menyerang, Pengusaha Ritel Jamin Stok Aman

Industri ritel. Foto ilustrasi.
Sumber :

VIVAnews - Pengusaha ritel dan penyedia pusat perbelanjaan mengimbau masyarakat untuk tidak panik menyikapi masuknya wabah virus corona (covid-19) di Indonesia, dengan memborong barang-barang kebutuhan pokok di berbagai toko swalayan.

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey menegaskan bahwa stok barang-barang kebutuhan pokok hingga saat ini masih aman dan mampu memenuhi keperluan masyarakat. Itu termasuk barang panganan maupun non-panganan.

"Dikarenakan tindakan yang over atau berlebihan ini justru membuat kepanikan atau fobia baru lainnya yang tidak perlu terjadi, di saat sebenarnya seluruh kebutuhan masyarakat tetap dapat terpenuhi dan tercukupi dengan baik," kata dia seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin, 2 Maret 2020.

Di Jombang, Ditemukan Gudang Simpan Makanan Kadaluarsa Hingga Tak Berizin

Di sisi lain, Roy juga meminta agar peritel anggota Aprindo terus dan tetap melayani kebutuhan masyarakat serta mengambil tindakan atau kebijakan yang dianggap perlu untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat dapat terlayani dengan cukup dan baik.

Senada, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah, menambahkan barang-barang kebutuhan masyarakat tersebut bisa dijamin masih terjaga karena dia telah berkoordinasi dengan asosiasi produsen maupun pemasok.

Pemkab Purwakarta Gelar Opadi Jelang Lebaran

"Persediaan barang pada gerai anggota kami cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan kami telah berkoordinasi dengan asosiasi produsen dan supplier distributor untuk memastikan persediaan guna mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat," tegasnya.

Setelah Presiden Jokowi mengumumkan positifnya wabah covid-19 masuk ke Indonesia, terlihat di sejumlah tempat perbelanjaan masyarakat panik memborong stok bahan makanan.

Misalnya, keramaian itu terpantau terjadi di Superindo Ujung Aspal Pondok Gede. Menurut salah seorang warga yang ada di lokasi, Willy, keramaian seperti ini baru terjadi kali ini.

Penasaran dengan peristiwa yang dilihatnya langka, Willy kemudian menanyakan ke petugas keamanan supermarket. "Tadi nanya ke satpam, informasi dari dia ini enggak pernah kejadian. Bukan efek tanggal muda juga katanya," ujar Willy kepada VIVAnews.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya