Wamen BUMN Minta Perusahaan Pelat Merah 'Sedekah' ke Krakatau Steel

Suasana pabrik Krakatau Steel di Cilegon Banten
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyerukan agar para perusahaan pelat merah bisa saling bersinergi dan menjalin kerja sama. Upaya itu agar bisa sama-sama menghadapi sulitnya perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Bahkan, Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin, tak segan-segan meminta kepada para BUMN agar 'bersedekah' kepada Krakatau Steel, dengan membeli dan menggunakan baja produksi mereka dalam setiap proyek yang membutuhkannya.

"Bersedekahlah ke KS (Krakatau Steel). Mudah-mudahan dirut-dirut BUMN tidak lupa sedekah ke KS, karena KS kondisinya sedang susah," kata Budi Gunadi dalam telekonferensi, Selasa 14 Juli 2020.

Bakrie Group and Pertamina Develop Research Infrastructure at IKN

Baca juga: Perawatan Kapal, Pertamina Gandeng 3 Galangan Pelat Merah

Budi mengatakan, dengan kondisi Krakatau Steel yang saat ini sedang tidak baik, maka membeli baja dari mereka adalah bentuk dukungan nyata yang bisa diberikan BUMN-BUMN lain terhadap perseroan.

Pertamina Bentuk Satgas, Pastikan Kebutuhan Energi saat Idul Fitri Aman di Aceh

Dia juga menegaskan, kerja sama dan sinergi antarperusahaan BUMN merupakan hal yang sangat penting di masa sekarang ini. Karena, hal tersebut akan membantu BUMN lain untuk saling mengoptimalkan bisnisnya masing-masing.

Hal itu dicontohkan Budi Gunadi melalui kerja sama antara PT Pertamina dan tiga BUMN galangan kapal, yang berpotensi memunculkan kerja sama baru dengan BUMN lain, misalnya dengan Krakatau Steel.

Karena, diharapkan bahwa kerja sama yang dijalin antara Pertamina dan ketiga BUMN galangan kapal, dalam perawatan dan perbaikan kapal-kapal milik Pertamina itu, nantinya juga akan menggunakan produk-produk baja dari Krakatau Steel.

"Jadi kalau harga (baja) Krakatau Steel enggak bagus, ya langsung saja panggil Pak Silmi (dirut KS), minta harga yang bagus," ujarnya.

Dalam upaya menyinergikan kinerja antarperusahaan pelat merah terkait perawatan kapal, Pertamina menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan BUMN di bidang perkapalan.

Ketiganya adalah PT Dok dan Perkapalan Surabaya, PT Industri Kapal Indonesia, dan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya