MRT Jakarta Fase II Bakal Ada 8 Stasiun Baru, Ini Lokasinya

Ilustrasi kereta MRT.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase dua akan mulai dibangun pada akhir Juli 2020. MRT Fase dua terdiri dari dua paket proyek, yakni MRT Fase 2A yang mencakup jalur dari kawasan Hotel Indonesia sampai Kota, dan Fase 2B dari Kota sampai Ancol Barat.

Dirut MRT Jakarta Beberkan Alasan Revitalisasi Kawasan Blok M

Direktur Utama PT MRT William Sabandar mengatakan akan ada tambahan 8 stasiun baru di fase ini. Yakni Stasiun Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, dan Depo Ancol Barat. 

Dari 8 stasiun tersebut, stasiun Thamrin dan Kota menjadi stasiun yang paling terbesar, yang akan dibangun sepanjang 400 meter. Bahkan, memiliki 10 pintu masuk, area komersial sepanjang 200 meter, hingga terintegrasi langsung dengan Transjakarta.

Diskon! Naik MRT Jakarta Cuma Rp 243 pada 23-24 Maret 2024

"Stasiun ini akan menjadi stasiun paling besar, dia terinterkoneksi dengan jalur Trans Jakarta. terdapat area komersil juga," ujar William dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu 22 Juli 2020. 

Hal senada juga disampaikan Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim. Menurutnya, selama pembangunan stasiun dan jalur MRT, akan ada sejumlah rekayasa yang akan dilakukan. Dia menyebut, setidaknya ada ada tiga tahapan selama konstruksi. 

Knowing Rules for Breaking the Fast Inside Public Transportation

"Secara overview bisa dibilang ada tiga tahapan dari sekarang sampai selesainya proyek di Maret 2025. Tahap pertama kita menggeser traffic ke kanan dan kiri, jadi tengah itu jadi area kerja,” ujarnya. 

“Kedua menurutnya, area kerjanya yang tadinya di tengah menjadi di sebelah kiri, jadi kita geser traffic ke sisi barat. Kemudian tahap ketiga kita akan menggeser area kerjanya dari sebelah kiri ke sebelah kanan, sehingga traffic kita geser lagi ke sebelah timur,” lanjut William. 

Sementara itu, selama pembangunan Stasiun Thamrin, Tugu Jam Thamrin akan direlokasi ke taman Banten. Rencananya pemindahan dilakukan pada Oktober tahun ini.

Baca juga: Akhir Juli 2020, PT MRT Memulai Proyek Pembangunan Tahap 2

Selain itu, adanya pembongkaran Jembatan Penyeberangan orang (JPO) yang dilakukan pada Agustus 2020, hingga pemindahan Halte Transjakarta. Satu Halte akan dipindahkan di depan Bank Mandiri untuk ke arah selatan dan satunya di depan Bank Indonesia untuk ke arah utara.

"Jadi setelah kita konsultasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan harus direlokasi selama pembangunan MRT Statiun Thamrin. saat ini kita sedang melakukan scanning dan evaluasi struktur rencananya bulan Oktober akan dilakukan relokasi," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya