5 Hal Ini Perlu Tahu Soal Pekerja Bakal Dapat Rp600 Ribu per Bulan

5 Hal Ini Perlu Tahu Soal Pekerja Bakal Dapat Rp600 Ribu per Bulan

Kamis, 6 Agustus 2020 | 11:30 WIB
Indonesia dihantui ancaman resesi ekonomi.
Ilustrasi pekerja buruh.
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi pekerja buruh.

VIVA – Ancaman resesi ekonomi di Indonesia pada tahun ini akibat pandemi Virus Corona atau COVID-19 semakin nyata. Kinerja ekonomi Kuartal II 2020 yang minus 5,32 persen jadi salah satu indikator utamanya. 

Selain belanja pemerintah, konsumsi masyarakat pun digenjot di sisa tahun ini di tengah pandemi yang masih berlangsung. Berbagai stimulus ekonomi pun akan digelontorkan pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut. 

Salah satunya adalah memberi dana tunai bagi pekerja di Indonesia. Pemerintah rencananya akan memberikan dana tambahan sebesar Rp600 ribu per bulan kepada pekerja dengan kriteria khusus. Catatatan VIVA Bisnis, berikut 5 hal yang pekerja perlu diketahui: 

1. Untuk Gaji di bawah Rp5 juta 

Insentif untuk pekerja ini, tidak akan diberikan untuk semua level pekerja. Pemerintah berencana memberikan insentif ini untuk pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta per bulan. 

"Pemerintah juga berikan bantuan untuk gaji bagi mereka yang berpendapatan di bawah Rp5 juta," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dia mengatakan, anggaran yang disiapkan pemerintah untuk insentif ini sekitar Rp31 triliun. Anggaran itu bersumber dari Program Bantuan Sosial.

2. Diberikan pada 13 juta pekerja

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler