Orang Terkaya Dunia Jual Saham Perusahaannya, Ada Apa?

Pemilik Amazon, Jeff Bezos.
Sumber :
  • actconsulting.co

VIVA – Orang terkaya dunia, Jeff Bezos kembali menjual saham perusahaannya pada pekan ini. Chief Executive Officer (CEO) Amazon ini telah menjual sahamnya senilai lebih dari US$3,1 miliar atau setara dengan Rp44,9 triliun (kurs Rp14.500 per dolar AS).

Orang Kaya Madura Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran: Kami Titipkan Nasib Petani Tembakau

Demikian menurut laporan Komisi Sekuritas dan Bursa yang disusun oleh OpenInsider yang tercatat pada pekan ini.

Seperti dilansir dari CNBC, Kamis 6 Agustus 2020, penjualan tersebut merupakan bagian dari rencana perdagangan 10b5-1 yang telah diatur sebelumnya oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Baca juga: 10 Negara yang Tanggung Gaji Pekerja Selama Pandemi Corona

Awal tahun ini, Bezos pun telah menjual lebih dari US$4,1 miliar saham di perusahaan tersebut. Dengan tambahan penjualan pekan ini, maka total uang tunai yang telah didapat pada 2020 menjadi kurang lebih US$7,2 miliar atau setara dengan Rp104,4 triliun. 

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Meski begitu, dia disebut masih memiliki lebih dari 54 juta saham, bernilai lebih dari US$170 miliar atau setara dengan Rp2.465 triliun. Ini pun masih menjadikannya sebagai orang terkaya nomor 1 di dunia.

Pada 2019, Bezos diketahui telah menjual saham senilai US$2,8 miliar pada atau setara dengan Rp40,6 triliun. Bezos sebelumnya juga telah mengatakan bahwa dia telah menjual sekitar US$1 miliar saham Amazon setiap tahun untuk mendanai perusahaan eksplorasi ruang angkasa, Blue Origin.

Baca juga: Surati Luhut, Lembaga Keuangan AS Selangkah Lagi Investasi di RI

Meski begitu, perwakilan dari Amazon tidak dapat segera mengomentari penjualan terbaru kali ini. Penjualan tersebut terjadi satu pekan setelah Bezos bersaksi di depan House Antitrust Subcommittee, yang prihatin dengan kekuatan perusahaan teknologi besar yang berkembang, bersama dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg, CEO Apple Tim Cook, dan Sundar Pichai, CEO dari induk Google Alphabet.

Pekan lalu, Amazon juga melaporkan hasil kuartal keduanya, yang menghapus ekspektasi analis setelah pandemi virus Corona memicu belanja online. Saham Amazon naik 73 persen untuk tahun ini, termasuk kenaikan 2,1 persen pada Rabu.

Melansir Forbes, kekayaan Bezos yang tercatat pada 8 Juni 2020 adalah sebesar US$189,5 miliar atau setara dengan Rp2.747 triliun (kurs Rp14.500 per dolar AS). Dengan kekayaan ini, Bezos masih menempati posisi orang nomor wahid paling tajir di dunia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya