Pengguna Tiket Harian Berkurang, Antrean Penumpang KRL Terurai

(Foto Ilustrasi) Antrean pengguna KRL di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – PT Kereta Commuter Indonesia atau PT KCI mencatat, pada Senin, 10 Agustus 2020 pagi tadi, antrean penumpang di sejumlah stasiun dengan volume terbesar, dapat berlangsung dengan tertib dan kondusif.

KAI Buys Chinese Three Trains for Jabodetabek's Fleet

Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba mengatakan, lancarnya antrean penumpang itu akibat mayoritas pengguna KRL telah memakai Kartu Multi Trip (KMT), serta kartu uang elektronik bank maupun tiket kode QR.

"Saat ini persentase pengguna KRL yang memanfaatkan transaksi non-tunai mencapai hampir 80 persen, 52 persen di antaranya sudah menggunakan KMT," kata Anne dalam keterangan tertulisnya, Senin, 10 Agustus 2020.

PT KCI Borong 3 Rangkaian KRL dari China untuk Armada Jabodetabek

Baca juga: Mengejutkan, Hari Penindakan Ganjil Genap Pengemudi Kebanyakan Taat

Sementara itu, lanjut dia, 25 persen menggunakan kartu uang elektronik dan hanya 23 persen yang menggunakan tiket harian berjamin (THB). Anne menjelaskan, dengan menggunakan pilihan transaksi non-tunai tersebut, para pengguna KRL tidak perlu antre di loket, baik untuk membeli atau mengisi ulang THB maupun me-refund uang jaminan setelah menggunakan KRL. "Sehingga dua proses antrean tersebut dapat dimininalisir," ujar Anne.

Malam Tahun Baru, KRL Commuter Line Beroperasi hingga Pukul 03.00 WIB

Dia menambahkan, bertambahnya pengguna KRL yang memanfaatkan transaksi non-tunai itu, tidak terlepas dari adanya delapan stasiun yang telah ditetapkan sebagai stasiun khusus KMT.

Misalnya Stasiun Bogor, Cilebut, Cikarang, Palmerah, UI, Sudirman, Cikini, dan Stasiun Taman Kota. Selain itu, lanjut Anne, ke depannya PT KCI secara bertahap juga akan menambah jumlah stasiun yang khusus menggunakan KMT tersebut.

"Di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, transaksi non-tunai dinilai dapat mengurangi risiko penularan dari uang cash yang dapat menjadi media penularan, serta mengurangi interaksi langsung dengan petugas," ujarnya.

Diketahui, dari segi volume pengguna secara keseluruhan, hari ini jumlah penumpang KRL tercatat stabil dibandingkan Senin pekan lalu.

Hingga pukul 08.00 WIB, tercatat jumlah pengguna KRL mencapai 108.916 orang, tidak jauh berbeda dengan Senin ,3 Agustus 2020 lalu pada waktu serupa yang mencatat 109.116 pengguna KRL. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya