Masih Banyak, Uang Rp75 Ribu Edisi HUT RI Baru Keluar 50 ribu Lembar

Uang Khusus Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI senilai Rp75.000
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Bank Indonesia memastikan uang khusus HUT RI ke-75 masih banyak dan belum habis sebagaimana yang beredar di tengah-tengah masyarakat atau media sosial. Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim, menyatakan saat ini uang tersebut baru keluar 50 ribuan lembar saja dari 75 juta yang dicetak.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

"Sampai semalam yang keluar sudah 50 ribu dari Rp75 juta. Itu baru beberapa hari," kata Marlison secara virtual, Rabu, 26 Agustus 2020.

Baca juga: Vaksin Corona Bikin Kurs Rupiah Menguat Lagi

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Dia menegaskan, yang sudah habis saat ini adalah antrean untuk mendapatkan uang tersebut hingga 30 Agustus 2020. Antrean habis itu ditegaskannya tidak terkait dengan jumlah uang khusus yang disediakan.

"Karena kita dalam pengedaran memperhatikan protokol COVID-19. Jadi kita buka dulu sampai tanggal 30 itu kuotanya sudah habis," ucap Marlison.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan

Meski demikian, dia menekankan, antrean tersebut akan dibuka terus seiring dengan banyaknya uang khusus yang dicetak. Karenanya, tidak akan ditutup pendaftarannya hingga uang itu habis ditukar masyarakat.

"Sampai kapan kita buka ya sampai habis. Jadi sekarang biar cepat sekarang kita buka kolektif, jadi silahkan," ungkap Marlison. (ren)
 

Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022