BRI Pastikan Penyaluran KUR Rp140 Triliun hingga Akhir Tahun

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BRI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irfan Anshori

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memastikan, hingga akhir tahun 2020 mendatang pihaknya akan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat atau KUR dengan target mencapai Rp140 triliun.

Cerita Klaster Pisang Cavendish, dari Lahan Non Produktif Jadi Lahan Usaha yang Terus Berkembang

Kepala Divisi Bisnis Mikro Bank BRI, Made Antara Jaya menjelaskan, total penyaluran KUR mencapai Rp140 triliun itu akan dilakukan pihaknya kepada dua segmen pelaku usaha, yakni pelaku usaha berskala mikro dan super mikro.

"Dari alokasi KUR Rp140 triliun tahun ini, sebanyak Rp130 triliunnya kami alokasikan kepada KUR mikro dan Rp10 triliun sisanya kepada KUR super mikro," kata Made dalam telekonferensi, Kamis, 17 September 2020.

Genjot Kinerja UMKM, BNI Fasilitasi Sarana dan Prasarana dan Salurkan KUR di Bukittinggi

Baca juga: BRI Bagi-bagi Hadiah untuk Nasabah Loyal

Made pun menjabarkan, sejak disalurkan per 7 September 2020 kemarin, sebanyak Rp68,6 triliun atau sekitar 57,2 persen dari alokasi Rp130 triliun untuk KUR mikro, telah disalurkan kepada 2,7 juta nasabah. "Kami optimis untuk menyalurkan seluruh dana KUR ini hingga akhir Desember 2020 mendatang," ujar Made.

Dibanggakan Jokowi di BRI Microfinance Outlook, Ini Kisah Inspiratif UMKM Naik Kelas “Mama Muda”

Dia memastikan bahwa para marketing BRI, yang totalnya mencapai sekitar 28 ribu orang, siap mengalokasikan target dana yang tersisa dalam waktu 70 hari ke depan.

Kemudian, untuk realisasi KUR super mikro dengan plafon Rp10 triliun, Made memastikan bahwa hingga Rabu, 16 September 2020, realisasinya baru mencapai senilai Rp450 miliar, kepada 51 ribu nasabah BRI.

"Kalau untuk KUR super mikro, dari dimulainya penyaluran pada tanggal 7 September sampai kemarin, realisasinya baru mencakup 51 ribu nasabah dengan total penyaluran yang baru mencapai sekitar Rp450 miliar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya