Setneg Ungkap Kronologi Utang Bambang Trihatmodjo hingga Dicekal

Setneg Ungkap Kronologi Utang Bambang Trihatmodjo hingga Dicekal

Sabtu, 19 September 2020 | 14:09 WIB
Konsorsium yang diketuai Bambang masih utang ke negara.
Bambang Trihatmodjo
Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Bambang Trihatmodjo

VIVA – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menjelaskan kronologi piutang negara masa lalu yang membuat putra mantan Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo dicekal pergi ke luar negeri hingga saat ini. Piutang ini berasal dari masalah Konsorsium Mitra Penyelenggara (KMP) SEA Games XIX Tahun 1997.

Baru-baru ini, Bambang mencoba menggugat Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait pencekalannya tersebut. Usut punya usut, utang Bambang kini memang telah dialihkan dari Kemensetneg ke Kementerian Keuangan. 

Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama menjelaskan asal mula piutang tersebut. Awalnya konsorsium swasta yang diketuai oleh Bambang Trihatmodjo terpilih sebagai mitra penyelenggara SEA Games XIX Tahun 1997. Konsorsium itu kemudian mengalami kekurangan dana sehingga meminjam uang negara.

”Konsorsium mempunyai tugas antara lain menyediakan dana untuk penyelenggaraan SEA Games XIX Tahun 1997. Dalam penyelenggaraannya, Konsorsium mengalami kekurangan dana dan negara memberikan pinjaman yang pada akhirnya menjadi utang konsorsium kepada negara (piutang negara),” ujar Setya dikutip dari laman resmi Setneg, Sabtu, 19 September 2020.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler