Ekonomi RI Resesi, Ekonom Iwan Jaya Azis: Kesehatan di Atas Segalanya

Tenaga medis dan pasien COVID-19.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ekonom yang juga merupakan Profesor Cornel Univesity di Amerika Serikat, Iwan Jaya Azis menganggap bahwa kesehatan merupakan modal paling penting yang harus dimiliki setiap masyarakat. Kondisi itu penting dilakukan di tengah kondisi Indonesia yang akan menuju resesi ekonomi.

Selandia Baru Umumkan Negaranya Kini Memasuki Resesi

Baca Juga: Alasan Jokowi Ngotot Banget Bangun Food Estate di Tanah Air

Mengutip studi yang telah dilakukan Ekonom Kenneth Joseph Arrow, Iwan mengatakan bahwa health capital nilainya lebih tinggi jika dibandingkan capital atau modalitas lainnya yang dimiliki suatu negara untuk menggerakkan ekonomi.

Jokowi: Sudah Banyak Negara Masuk Jurang Resesi, Kita Patut Bersyukur

Berdasarkan studi Kenneth di enam negara termasuk India, Brasil dan negara-negara besar lainnya, Iwan melanjutkan, terbukti bahwa nilai health capital dua kali lipat lebih penting dari physical capital, human capital dan natural capital.

"Jadi kalau mau dilihat apa yang penting, paling atas itu health. Anda boleh kaya, pandai, berkuasa kalau Anda sakit selesai tidak ada kontribusi," kata dia dalam webinar, Rabu, 23 September 2020.

Inggris hingga Jepang Resesi, Ekonom Ungkap Dampaknya bagi Indonesia

Karena itu, Iwan menilai, kondisi resesi yang terjadi saat ini jangan hanya ditangani dengan upaya untuk mencari pertumbuhan ekonomi positif saja, melainkan memperbaiki akar masalah kehidupan masyarakat.

"Kalau kita mencari kebijakan yang hanya mencari sekadar pertumbuhan apalagi di tingkat nasional kemungkinan besar isu lingkungan akan memburuk dan masalah pemerataan juga akan memburuk," ujarnya.

Dia pun menilai pemulihan ekonomi yang dialami Indonesia tidak akan berbentuk V, U atau bahkan L, melainkan K jika pemulihan ekonomi hanya difokuskan pemerintah untuk kapasitas nasional semata.

"Poin yang ingin saya sampaikan adalah itu tidak menjamin (pemulihan) akan diikuti dengan perbaikan ketimpangan jadi yang huruf K itu ada yang satu U Shape ada yang satu inverted U," tutur Iwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya