Indonesia Resesi, Dahlan Iskan: Pemerintah Sebaiknya Cerita Apa Adanya

Indonesia Resesi, Dahlan Iskan: Pemerintah Sebaiknya Cerita Apa Adanya

Kamis, 24 September 2020 | 09:38 WIB
Pemerintah juga diminta tidak memberikan PHP baru.
Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.
Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, telah memperkirakan bahwa ekonomi Indonesia kembali terkontraksi pada kuartal III 2020 di kisaran -2,9 persen hingga -1 persen. Karena itu, banyak yang menyimpulkan Indonesia sudah resesi, karena tinggal menunggu pengumuman resmi Badan Pusat Statistik (BPS).

Namun, statement resesi itu dicoba untuk diluruskan oleh Sekretaris Komite I Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Raden Pardede.

Raden menilai, proyeksi ekonomi Indonesia yang negatif pada kuartal III-2020 tidak bisa dijadikan acuan sebagai pembenaran mengenai resesi. Dia meyakini, gerak ekonomi pada kuartal III lebih baik dari kuartal sebelumnya.

Berbicara resesi, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menyebut bahwa pemerintah perlu memberikan harapan dan kenyataan apa adanya kepada masyarakat. Apalagi ketika pemerintah resmi menyatakan Indonesia sudah berada dalam resesi ekonomi. 

"Yang terbaik adalah menceritakan keadaan apa adanya. Jangan membuat orang takut tapi juga jangan membuat PHP baru," ujar Dahlan dikutip dari Disway.id, Kamis 24 September 2020.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler