Bos Vaksin Geser Posisi Jack Ma Jadi Orang Terkaya di China

Jack Ma
Sumber :
  • vstory

VIVA – Posisi Jack Ma sebagai orang terkaya di China kembali tergeser. Kali ini bos perusahaan air mineral kemasan dan vaksin, Zhong Shanshan, naik peringkat di tengah kerugian besar raksasa teknologi dunia.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Dilansir dari Strait Times, Kamis 24 September 2020, kekayaan bersih Zhong kini mencapai US$58,7 miliar hingga Rabu kemarin. Menurut Bloomberg Billionaires Index, nilai tersebut lebih banyak US$2 miliar dari kekayaan Jack Ma.

Dengan posisi ini, Zhong kini jadi orang terkaya kedua di Asia. Satu peringkat di bawah Mukesh Ambani dari India yang tercatat sebagai orang terkaya ke-17 di dunia.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Baca jugaAsyik, Insentif Tenaga Kesehatan Corona Bakal Cair Sebulan Sekali

Kekayaan Zhong melonjak hampir US$52 miliar tahun ini. Pengusaha yang dijuluki 'Lone Wolf' itu kekayaannya meroket melebihi siapa pun di dunia pada 2020 kecuali bos Amazon Jeff Bezos dan bos Tesla Elon Musk.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Zhong pun diketahui meroket kekayaannya saat penawaran umum perdana perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring Co, di Hong Kong awal bulan ini. Saham perusahaan itu melejit di antara investor ritel lainnya dan menjadikannya orang terkaya terbesar di China.

Sementara itu, perusahaan vaksin miliknya, Wantai Biological Pharmacy Enterprice Co, juga berjaya di tengah pandemi virus Corona saat ini. Perusahaan itu mendongkrak kekayaan bersih Zhong sebesar US$20 miliar pada April lalu. 

Prestasi Zhong saat ini pun merupakan catatan baru dalam daftar orang kaya di China atau pun dunia. Sebab, beberapa tahun ini jajaran orang terkaya biasanya ditempati oleh para bos dari perusahaan teknologi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya