Jokowi: Kementerian Jangan Buat Program Sendiri-sendiri

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo lagi-lagi mengkritik kinerja bawahannya di masa pandemi COVID-19. Jokowi mengatakan, kinerja antar kementerian harus terkonsolidasi, terutama kali ini terkait ekonomi desa. Kata dia, masa pandemi adalah momentum peningkatan ekonomi di pedesaan.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

"Gunakan momentum saat ini untuk mengintegrasikan, mengonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan dan dikonsolidasikan dengan program peningkatan ekonomi desa," kata Jokowi saat rapat terbatas mengenai percepatan peningkatan ekonomi desa, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 24 September 2020.

Baca juga: Intip Substansi RUU Cipta Kerja yang Sudah Disepakati

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

"Saya minta ke semua kementerian jangan membuat program sendiri-sendiri yang lepas-lepas, tidak terintegrasi, tidak terpadu sehingga outcome-nya, hasilnya tidak terlihat," katanya.

Jokowi pun menyebut Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan sejumlah kementerian lain terkait. Dia juga menyinggung dana desa yang digelontorkan, termasuk di dalamnya terdapat insentif bagi UKM, program padat karya tunai, konektivitas, dan bantuan sosial yang selama ini digawangi Kementerian Sosial.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

"Banyak sekali yang bisa dilakukan, tapi kalau tidak terintegrasi lepas-lepas ini akan apa hasilnya, akan tidak kelihatan. Oleh sebab itu semuanya dijalankan dalam strategi besar yang solid dan terintegrasi," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini desa sudah menjadi penyangga bagi masyarakat perkotaan. Arus perpindahan penduduk dari kota ke desa meningkat selama masa pandemi. Banyak bantuan yang didistribusikan justru menyasar masyarakat desa.

"Jadi bukan urbanisasi tetapi ruralisasi. Karena itu ada beberapa hal yang minta untuk menjadi perhatian," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya