Jet Mewah Besutan Honda Dapat Izin Terbang

HondaJet membentuk formasi.
Sumber :
  • HondaJet

VIVAnews - Pesawat terbang besutan Honda, HondaJet, mendapatkan izin untuk terbang perdana dari Federal Aviation Administration (FAA) pada 16 Mei 2013 di Greensboro, North Carolina, Amerika Serikat.

Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Honda Aircraft Company, Michimasa Fujino, Rabu 22 Mei 2013, mengatakan, penerbangan perdana HondaJet sangat penting dan emosional dalam perjalanan pesawat komersial ini.

Sepanjang perjalanan yang memakan waktu satu jam, HondaJet menampilkan performa yang halus dengan tingkat ketinggian terbang 12.000 kaki dari permukaan laut, dan kecepatan maksimum 300 knots.

Penerbangan perdana HondaJet ini sekaligus tes uji kelaikan dalam hal F&R (Function & Reliability). Proses ini menguji service flights operations.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Tes ini juga menguji standar dari lavatory dan opsi side-facing seat, serta tes sistem kabin. Tes lainnya adalah pengujian Controller-Pilot Data Link Communications (CPDLC).

HondaJet telah berhasil melalui fase terakhir dari uji kelaikan terbang FAA serta mendapat predikat sebagai “The World’s Most Advanced Light Jet”.

"Kami juga bersyukur serangkaian proses uji kelaikan terbang serta bentuk desain eksterior dan interior HondaJet dapat memenuhi konfigurasi sebagai pesawat untuk penumpang," katanya dalam keterangan tertulis.

Sejak 2010, HondaJet telah melakukan lima kali uji coba kelaikan terbang bersama FAA. HondaJet juga telah mempatenkan Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM), dan menggunakan mesin turbo jet jenis GE Honda HF120.

Pesawat ini hadir dengan corak biru dan putih mutiara dengan garis emas metalik. Sementara itu, untuk kabinnya didominasi oleh warna beige. HondaJet akan dijual dengan harga US$4,5 juta. (art)

Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024