Bangun Pabrik Aki di Semarang, GS Battery Habiskan Rp161 Miliar

Kantor GS Yuasa Corporation di Tokyo Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Issei Kato/Files

VIVAnews - PT GS Battery meresmikan pabrik aki terbarunya di Semarang, Kamis 11 Desember 2014, dengan nilai investasi sebesar US$13 juta atau setara dengan Rp161,62 miliar (kurs tengah BI Rp12.432).

Dengan pembangunan pabrik ini maka seluruh pabrik GS Battery yang berada di Sunter, Jakarta, Karawang, Jawa Barat dan Semarang dapat memproduksi enam juta aki dan tujuh belas juta aki motor per tahun.

Perusahaan aki otomotif patungan PT Astra Otopart Tbk (berkode saham AUTO), GS Yuasa Corporaton dan Toyota Tshuho Corporation tersebut, menjelaskan bahwa pabrik akan berdiri di lahan seluas 30 ribu meter persegi. Targetnya, akan memproduksi dua juta aki mobil dan tiga juta aki motor per tahun dengan target karyawan sebanyak 500 orang.

Presiden Direktur GS Battery, A K Hadi, mengatakan seluruh kapasitas itu akan memenuhi seluruh kebutuhan aki di Indonesia dan ekspor ke negara tujuan di benua Asia, Afrika dan Amerika.

"Untuk kebutuhan itu, perusahaan akan mengutamakan pemasok bahan baku dan komponen dari Semarang maupun sekitarnya. Kemudian, beberapa material impor dari negara lain," ujarnya kepada VIVAnews, dalam keterangan tertulis, Jumat 12 Desember 2014.

Menurut dia, peran Pelabuhan Tanjung Mas akan menjadi andalan sebagai arus masuk material maupun pintu gerbang distribusi untuk pasar ekspor.

Hadi mengharapkan, perusahaan akan terjadi multiplier effect terhadap berkembangnya industri lain baik industri kecil, menengah maupun besar yang dapat menyuplai kebutuhan komponen dan material untuk kebutuhan produksi. Dengan demikian, semakin membuka potensi lapangan kerja bagi Kota Semarang dan sekitarnya.

"Kami pun semakin yakin untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015 mendatang yang sudah di depan mata dalam memenuhi kebutuhan aki mobil dan aki motor di dalam maupun di luar negeri," lanjut Hadi. (ren)

BACA JUGA:

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.(B.S.Putra/VIVA)

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

Penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi dan suap seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah deng

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024