Saham IBM Mendadak Anjlok, Bos Besar Pesimis Kinerja 2015

IBM Watson
Sumber :
  • ibm.com

VIVA.co.id - Perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras maupun perangkat lunak komputer, IBM (International Business Machines Corporation) menargetkan laba yang lebih rendah dari estimasi analis untuk 2015.

Begini Cara Komputer Canggih IBM Deteksi Kanker

Alasannya, perusahaan teknologi terkemuka di dunia tersebut masih kesulitan mengatasi unit bisnis hardware yang bermarjin rendah dan bisnis cloud computing yang baru dirambah.

Seperti mengutip dari USAtoday, Rabu 21 Januari 2015, IBM memperkirakan kinerja earning per share (laba per saham) di kisaran US$15,75-US$16,50. Masih di bawah analis yang memperkirakan akan mencapai US$16,53.

Adapun pendapatan perusahaan turun dalam tiga tahun terakhir, seiring aksi perusahaan yang mengurangi fokus di server low-end dan mulai merambah di bisnis baru layanan pengamanan software dan cloud. Namun, bisnis baru tersebut gagal memberikan pendapatan yang signifikan.

Untuk 2014, pendapatan perusahaan turun dari US$107 miliar menjadi US$93 miliar. Perusahaan tidak dapat menjamin bahwa pendapatan tidak akan turun kembali.

"Saat ini, kami tidak tertarik dengan pendapatan saja. Kami akan terus melakukan upaya divestasi," ujar CFO IBM, Martin Schroeter. Saham IBM turun 1,6 persen menjadi US$154,48, setelah perusahaan merilis laporan keuangan yang mengecewakan pagi hari ini. (asp)

Baca juga:

IBM Bantu Ridwan Kamil Wujudkan Smart City di Bandung

Bursa Wall Street

IBM Picu Pelemahan Bursa Wall Street

Indeks kesehatan berada di bawah tekanan.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2015