Arab Saudi Dukung RI Kembali Jadi Anggota OPEC

Menteri ESDM, Sudirman Said, dalam pertemuan OPEC
Sumber :
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- Pemerintah menyatakan keinginannya untuk kembali menjadi anggota penuh Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Harga Resmi Pertamax Turbo, BBM dengan RON 98

Dikutip dari situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jumat 5 Juni 2015, sejak 2009 hingga saat ini, status Indonesia adalah
OPEC Berencana Tahan Pasokan, Harga Minyak Naik
suspended .


Seluruh negara anggota-anggota OPEC, termasuk Arab Saudi, menyatakan dukungannya, apabila Indonesia kembali menjadi anggota penuh OPEC.

Hal tersebut, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan dalam pendirian dan pengembangan OPEC.


Hal tersebut diungkapkan Ketua Delegasi Indonesia, Menteri ESDM, Sudirman Said.


Dukungan tersebut diungkapkan secara langsung Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali Al-Naimi, dalam
bilateral meeting
antara delegasi Indonesia dan Arab Saudi.


“Delegasi pemerintah Arab Saudi mengapresiasi dan sangat mendukung keputusan pemerintah Indonesia yang berkeinginan untuk kembali menjadi anggota OPEC. Karena, Indonesia merupakan merupakan salah satu pendiri OPEC," ujar Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali Al-Naimi.


Masih dalam pertemuan tersebut, delegasi Arab Saudi menyatakan akan mendorong National Oil Company (NOC) Arab Saudi (Saudi Aramco) secara profesional untuk berinvestasi dalam pembangunan kilang di

Indonesia.


Menurut Sudirman, hal itu dilakukan guna menjamin kontinuitas pasokan jangka panjang bagi Indonesia sebagai konsumen dan Arab Saudi sebagai produsen.


“Arab Saudi merupakan pemasok terbesar minyak mentah untuk Indonesia. Pada 2014, Arab Saudi memasok hingga 40 juta barel. Karenanya, dukungan dan kerja sama itu, Arab Saudi memiliki peran yang sangat strategis bagi Indonesia,” kata Sudirman. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya