Harga Tomat Anjlok, Pemerintah Diminta Gerak Cepat

Panen tomat
Sumber :
  • ANTARA/ Aloysius Jarot Nugroho
VIVA.co.id
Bedakan Ayam Tiren dan Segar, Ini Caranya
- Pedagang pasar mengeluh anjloknya harga tomat yang terjadi sepekan terakhir ini. Pemerintah diminta untuk cepat melakukan stabilisasi harga.

Khasiat dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri, kepada VIVA.co.id mengungkapkan, saat ini penurunan harga tomat di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, anjlok Rpp2.000-3.000 per kilogram (kg). 

Wanita Ini Membeli Tomat yang Tidak Dapat Membusuk
"Harga awal yang sebesar Rp6.000 per kg," kata Mansuri. 

Dia mengatakan bahwa saat ini, pasokan tomat membanjiri pasar induk. Disebutkan bahwa ada 112 ton tomat yang masuk ke Pasar Induk Kramat Jati, padahal pasokan normalnya sebanyak 80 ton per hari.

Mansuri melanjutkan, penurunan harga tomat itu tak merata di seluruh daerah. "Di sentra penghasil tomat, harganya Rp2.000 per kg. Misalnya, di Jawa harga tomatnya Rp2.000-3.000 per kg," kata dia.

Mansuri pun meminta agar pemerintah turun tangan terhadap penurunan harga tomat. Pedagang pasar meminta agar kerja sama yang baik antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan dapat ditingkatkan. Hal ini untuk memastikan penyaluran tomat dari sentra produksi ke daerah konsumen dapat merata.

"Bagaimana caranya distribusi tomat dari sentra produksi di Jawa dan Nusa Tenggara Barat, sebarannya bisa merata. Kami meminta agar pemerintah lebih tanggap," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya