Susi Minta Koperasi Perikanan Punya Tempat Pelelangan Ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta, koperasi perikanan menjadi distributor produk perikanan nelayan. Minimal, koperasi memiliki tempat pelelangan ikan (TPI).

Luhut Bantah Bakal Buka Investasi Asing Sektor Perikanan

Susi mengatakan, hasil perikanan nelayan cukup banyak, tapi terkendala pemasaran. Untuk itu, pihaknya meminta agar koperasi turut andil dalam memasarkan hasil tangkapan nelayan tersebut

"Saya mau koperasi juga menjadi ujung tombak pemasaran. Mungkin koperasi harus punya TPI," ujarnya dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI) di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa, 3 November 2015.

Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mendukung permintaan Susi. Ia mengatakan, selama ini TPI diserahkan kepada pemerintah daerah.

"Tapi, selama ini tidak berjalan," kata Puspayoga.

Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

Untuk itu, dia akan membicarakan masalah TPI dengan Menteri Dalam Negeri agar TPI diserahkan kepada koperasi untuk dikelola. Selain distribusi ikan bisa berjalan, pengelolaan TPI oleh koperasi juga bisa meningkatkan pendapatan koperasi.

"Kalau TPI diserahkan kepada yang ngerti, pendapatan koperasi dan kesejahteraan nelayan akan meningkat," kata Puspayoga menambahkan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya