Pertamina Ekspansi Bisnis Pelumas ke Indochina

Pertamina luncurkan pelumas dengan Nano Guard
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVA.co.id
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
- PT Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Lubricants akan terus melakukan ekspansi bisnis pelumas ke luar negeri. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengakuisisi 75 persen kepemilikan perusahaan produsen pelumas asal Thailand, AMACO Production Co Ltd, yang berkedudukan di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Pertamina menyatakan, AMACO Production Co Ltd, pada awal 2016 nanti akan resmi berganti nama menjadi Pertamina Lubricants Thailand Co Ltd.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang menuturkan, Pertamina Lubricants Thailand menargetkan peningkatan penjualan pelumas di Indochina menjadi 12 juta liter dalam kurun waktu lima tahun ke depan dari posisi saat ini sekitar empat juta liter per tahun. 

"Jadi, pelumas pertamina tidak hanya akan dipasarkan di Thailand, namun juga untuk pasar antara lain Kamboja, Laos, Bangladesh, dan lain-lain. Sebab, lewat darat lebih mudah, karena tol dari Thailand itu nyambung semua. Thailand itu hanya based saja," ujar Ahmad Bambang di Hong Kong Cafe Jakarta, Jumat malam, 13 November 2015.

Ia mengatakan, ini merupakan pijakan bisnis yang sangat penting bagi Pertamina untuk secara signifikan meningkatkan penetrasi pasar Pelumas di Thailand maupun Indochina. "Karena target pasar kita adalah China, Kamboja, Laos, Bangladesh, dan wilayah lain di Asia Tenggara," kata dia.

Ia menjelaskan, Pertamina Lubricants saat ini memiliki tiga unit lokasi produksi yakni di Gresik, Cilacap, dan Jakarta, serta tambahan satu unit produksi di Thailand, dengan total kapasitas produksi lebih dari 515 juta liter per tahun.

Di tempat yang sama, Presiden Direktur Pertamina Lubricants, Gigih Wahyu Hari Irianto menyampaikan, produk Pelumas Pertamina juga mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

"Pertamina Lubricants terus mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar domestik dan terus melakukan ekspansi di pasar luar negeri yang menjanjikan. Kami optimis, Pertamina Lubricants akan masuk dalam 20 besar World Class Lubricants Company (perusahaan pelumas kelas dunia)," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya