Bisnis Meningkat, RI Beri Penghargaan untuk Importir Amerika

Konjen RI di Los Angeles Umar Hadi (kanan)
Sumber :
  • KJRI Los Angeles
VIVA.co.id
Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?
- Produk Indonesia yang diperdagangkan di Amerika Serikat mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Selain kualitas produk RI yang makin baik, peningkatan ini juga berkat peran para pengusaha di AS yang selama ini mengimpor produk-produk asal Indonesia.

Ini Misi Ekspor Pertama Enggar Jabat Mendag

Itulah sebabnya Pemerintah RI - melalui Konsulat Jenderal di Los Angeles - memberi apresiasi yang mendalam atas peran para importir Amerika itu. Apresiasi ini diberikan dalam bentuk pemberian penghargaan "Primaduta Award," demikian ungkap Konsulat Jenderal RI di Los Angeles.
Volume Ekspor China Meningkat, Bawa Angin Segar bagi RI?


Dalam acara "
Buyers Appreciation Night
," yang berlangsung pada Selasa malam waktu setempat, Penghargaan Primaduta diberikan langsung Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Umar Hadi, kepada empat importir AS.


Mereka adalah Dream Apparel (importir produk apparel), Papermax USA Inc. (importir kertas), Solaris Paper (importir produk kertas/tisu), dan Takari International (importir produk makanan dan minuman).


“Penghargaan Primaduta ini adalah usaha tepat dan penting bagi Pemerintah Indonesia, guna mengapresiasi loyalitas dan komitmen para importir internasional dalam melakukan bisnis dengan Indonesia.” ujar Umar. “Apresiasi ini diharapkan juga mampu menjadi stimulus meningkatkan ekspor Indonesia ke AS dan hubungan dagang yang terjalin dapat terus dibina secara berkesinambungan,” lanjut mantan Wakil Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu.

 

Umar juga mengungkapkan, hubungan baik dengan perusahaan importir di AS telah ditingkatkan dengan program “
door-to-door marketing
” KJRI Los Angeles selama 2014-2015. “Berbagai upaya dan inovasi untuk peningkatan ekspor akan terus dilakukan karena Los Angeles merupakan pintu gerbang utama masuknya produk ekspor Indonesia ke AS,” kata Umar.


Importir dan pelaku usaha di AS menyambut baik penghargaan ini. “Acara seperti ini perlu terus dilakukan sebagai salah satu sarana untuk membangun networking antara pelaku usaha di LA Greater Area, Pemerintah Indonesia, dan Pemerintah AS,” kata Hak Lee, President dan CEO Dream Apparel,


Bagi Lee, penghargaan ini memberi semangat ekstra kepada para importir untuk meningkatkan bisnisnya dengan Indonesia. Dream Apparel pimpinan Lee saat ini mengimpor pakaian anak-anak dan dewasa dari Indonesia untuk didistribusikan ke jaringan retail ternama di AS, seperti Walmart, JC Penney, dan Kohl’s.


Primaduta Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia ke pasar global dan guna membangun loyalitas dan jejaring kerja yang kuat antara buyer dengan eksportir Indonesia.


Acara Buyers Appreciation Night ini dihadiri para pelaku usaha, perwakilan Pemerintah AS, Indonesia America Business Council, LA Port dan para jurnalis. Acara yang dilaksanakan di Konsulat Jenderal RI ini dihadiri lebih dari 50 orang dengan menyajikan makanan khas Indonesia.


Primaduta Award tahun ini memasuki tahun kedua, di mana 210 importir dari seluruh dunia dilakukan penilaian dan menghasilkan 60 importir terbaik dari 22 negara. Penyerahan Primaduta Award sendiri telah dilakukan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada para Perwakilan Pemerintah Indonesia di Luar Negeri pada saat pembukaan gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-30, tanggal 21 Oktober 2015, di Jakarta.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya