Indonesia Resmi Kembali Jadi Anggota OPEC

Menteri ESDM, Sudirman Said, dalam pertemuan OPEC
Sumber :
VIVA.co.id
2024, Blok Masela Siap Produksi?
- Sidang
Organization of Petroleum Exporting Countries
Pertamina Akan Kembangkan Ladang Minyak Raksasa Iran
(OPEC) mengaktifkan kembali Indonesia sebagai anggota organisasi tersebut. 

Prioritas Kebijakan Menteri ESDM Baru Arcandra Tahar
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, mengatakan Sidang OPEC ke-168 yang berlangsung pada hari ini, Jumat 4 Desember 2015, di Viena mengumumkan hal tersebut. 

"Bagi Indonesia, kembali aktif di OPEC akan memberikan banyak keuntungan," kata dia sebagai kepala delegasi Indonesia dalam sidang OPEC di Vienna, Austria, dalam keterangan tertulisnya hari ini.

Sudirman mengatakan, keuntungan-keuntungan yang diperoleh adalah peluang membeli minyak mentah (crude oil) dan produk bahan bakar minyak (BBM) secara langsung semakin terbuka. Dengan begitu, pihaknya bisa menghemat biaya pengadaan minyak mentah dan BBM.

"Yang juga penting, kami bisa berkumpul di panggung internasional. Ini penting untuk mengundang investor masuk ke Indonesia," kata dia.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia merupakan pelanggan tetap minyak mentah dan BBM dari dari Arab Saudi dan Kuwait. Dan, ada bebeapa negara lain sedang dijajaki sebagai pemasok minyak ke Indonesia. 

"Menyusul dalam tahap penjajakan pembelian produk dari Iran, Nigeria, Qatar, dan Uni Emirat Arab," kata eks direktur utama PT Pindad itu.

Sudirman melanjutkan, di saat yang sama, kesempatan ini juga membuka peluang baru bagi Indonesia untuk mendapatkan blok-blok migas di negara-negara OPEC. 

"Dalam jangka panjang, langkah ini dapat meningkatkan kepastian pasokan migas bagi kebutuhan dalam negeri," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya