Kemendag Sebut Pertumbuhan ASEAN Tertinggi di Dunia

Wakil Presiden RI dan Menlu memperingati HUT ke-48 ASEAN
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
VIVA.co.id
Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah
- Pemerintah menyebut ASEAN menjadi salah satu kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Kawasan regional ini menyumbang produk domestik bruto (PDB) mencapai US$2,5 triliun per tahun.

Bursa Asia Dibuka Bervariasi Menanti Kebijakan BOJ
"Pendapatan per kapita seluruh negara ASEAN sebesar US$4.500 per tahun lalu dikali 650 juta penduduknya. Itu merupakan potensi yang sangat dahsyat. Itu baru ASEAN," kata Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, dalam acara One Team Day di TDR Technology Center, Jakarta, Kamis 31 Desember 2015.

Indonesia Dukung Sentralisasi ASEAN
Bachrul mengatakan bahwa perkembangan dunia semakin terbuka dan memaksa negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk memperkuat regionalnya. Caranya dengan menerapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"ASEAN juga patut diperhitungkan dengan PDB US$2,57 triliun," kata dia.

Seperti yang diketahui, MEA mulai diberlakukan mulai 1 Januari 2016. Bachrul mengatakan MEA bisa menjadi batu loncatan untuk mencapai pertumbuhan regional di ASEAN. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Dia mengatakan bahwa Indonesia berpeluang besar untuk mengembangkan ekspornya.

"Dengan diberlakukannya MEA, Indonesia punya peluang yang luas untuk mengembangkan potensi pasar ekspor, termasuk orientasi bisnis," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya